Sukses

Kapolri Sutarman: Seluruh Kekuatan Siap Amankan Pelantikan Jokowi

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman memastikan, personelnya sudah siap untuk mengamankan jalannya pelantikan Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Sutarman memastikan, personelnya sudah siap untuk mengamankan jalannya pelantikan Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden di Gedung Parlemen, Jakarta pada Senin 20 Agustus 2014.

Pengamanan dilakukan sejak pengucapan sumpah atau janji di hadapan MPR/DPR, MA, MK, dan KPU hingga prosesi ke Istana, hingga malam kegiatan rakyat di Monas.

"Saya pastikan seluruh kekuatan sudah siap untuk  mengamankan. Kelengkapan yang digunakan juga siap dan  tahapan atau step sampai step 6 sudah siap dan dalam keadaan yang terkendali," ujar Kapolri Sutarman saat meninjau pasukan di Monas, Jakarta, Jumat (17/10/2014).

Sutarman berharap, dengan kesiapan 24.815 personel termasuk dari TNI, situasi di Monas dan titik lainnya aman, tertib, dan damai.

"Sehingga suksesi pemerintahan akan berjalan dengan baik. Karena pengamanan internal presiden dan wapres serta kepala negara asing adalah tanggung jawab TNI. Dan kita juga mem-BKO-kan personel di TNI untuk bersama-sama pengamanan langsung yang dikendalikan paspampres," papar dia.

Sutarman menjelaskan, disamping aktivitas keseluruhan, Polisi juga mengamankan dari VVIP yang terkoordinasikan. Berdasarkan apel personel dari Polri dan TNI pada Kamis 16 Oktober kemarin bersama Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan Kapolda Metro Jaya Irjen Ungung Cahyono, posisi personel sudah siap.

"Sehingga seluruh prosesi dari pengambilan sumpah dan janji sampai selesai dapat berjalan tertib. Sampai sekarang masih dalam situasi kondusif  aman dan kemarin kita juga bertemu pimpinan MPR bahwa di dalam tidak ada persoalan terkait pengamanan," tandas Kapolri Sutarman. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.