Sukses

Ini 4 Calon Kuat Pimpinan MPR dari DPD

Anggota DPD dari Sulawesi Tengah Nurmawati Dewi Bantilan mengatakan, akan tetap mengakomodir diadakan pemilihan pimpinan MPR secara mufakat.

Liputan6.com, Jakarta - Dari 9 calon pimpinan MPR dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD), dipastikan ada 4 nama yang dinilai berpeluang terpilih. 4 Nama itu berpeluang, karena bisa mengakomodir kepentingan DPD dan sudah berpengalaman.

"Harusnya yang maju sebagai pimpinan MPR itu datang dari anggota DPD yang sudah berpengalaman, sehingga bisa mengakomodir kepentingan DPD sendiri nantinya," ujar anggota DPD RI dari Sulawesi Tengah, Nurmawati Dewi Bantilan di Gedung Parlemen, Jakarta, Senin (6/10/2014).

Nurmawati mengungkapkan, 4 calon kuat pimpinan MPR itu, yaitu Asmawati (Sumatera Selatan), Abdul Gaffar Usman (Riau), AM Fatwa (DKI Jakarta), dan John Piris (Maluku).

Kata, DPD ingin tetap mengakomodir diadakan rapat paripurna pemilihan pimpinan MPR secara musyawarah mufakat, tanpa melalui voting.

"Kita memposisikan sebagai negarawan mendorong terjadinya musyawarah secara mufakat tidak lagi divoting. Namun, dalam hal ini kita harus melihat yang memposisikan yang mana satu ini bisa mewakili 3 (KIH, KMP, DPD) kepentingan," tegas wanita yang sudah 3 periode terpilih itu.

Nurmawati menambahkan, dinamika pemilihan MPR kali ini luar biasa daripada pemilihan sebelumnya. "Sekarang lebih ramai, karena memang dipengaruhi pertarungan pasca-Pilpres," tegas Nurmawati. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini