Sukses

Gantikan Jokowi, Ahok Dipesan PKB Lanjutkan 9 Program DKI

Sebanyak 9 fraksi DPRD DKI menyampaikan pandangan umumnya terkait pengunduran diri Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Sebanyak 9 fraksi DPRD DKI menyampaikan pandangan umumnya terkait pengunduran diri Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta. Fraksi PKB menyatakan menerima dengan ikhlas pengunduran diri tersebut.

Dengan berhentinya Jokowi, otomatis wakilnya Basuki Tjahaja Purnama pun menduduki kursi gubernur. Untuk itu, Sekretaris Fraksi PKB Muallif, mengingatkan Basuki alias Ahok untuk melanjutkan 9 program unggulan Pemprov DKI.

"Harapan kami, wagub DKI saudara Basuki yang akan menggantikan posisi saudara Jokowi sesuai UU nomor 32 tahun 2004, dapat meneruskan program-program yang dekat dengan rakyat serta mampu menjalankan pemerintahan yang bersih untuk majukan DKI," ucap dia di Gedung DPRD DKI, Jakarta, Senin (6/10/2014).

Kesembilan program prioritas pembangunan Jakarta yang harus dijalankan selama 5 tahun itu, 6 di antaranya telah dilaksanakan selama 2 tahun pemerintahan Jokowi.

Sebanyak 3 program lainnya yang menjadi pekerjaan rumah Ahok 3 tahun ke depan, yakni pengembangan Ruang Terbuka Hijau (RTH) melalui pembelian lahan dan kontribusi pengembang serta penggalangan peran swasta dan masyarakat dalam penyediaan dan pemeliharaan RTH atau penghijauan lingkungan. Kemudian, pengembangan pusat kebudayaan Betawi, Revitalisasi Kota Tua, penyelenggaran event budaya bertaraf internasional, pengembangan karakter kota berciri khas Betawi, serta pembangunan Masjid Raya Jakarta.

Terakhir, Ahok juga harus melaksanakan pengembangan pelayanan publik melalui pelayanan prima di Kelurahan dan Kecamatan, pengembangan pelayanan pajak online, layanan perijinan secara online, serta penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Yang juga harus dicermati gubernur akan datang adalah memperbaiki manajemen sistem, sehingga dalam penggunaan anggaran DKI akan mendapatkan predikat lebih baik," jelas Muallif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi