Sukses

Pandangan Fraksi PD-PAN: Jokowi Tak Cerminkan Sikap Negarawan

Fraksi Partai Demokrat-PAN memberi beberapa catatan dalam penyampaian pandangan atas pengunduran diri Jokowi sebagai Gubernur.

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi Partai Demokrat-PAN memberi beberapa catatan dalam penyampaian pandangan atas pengunduran diri dan pemberhentian Jokowi sebagai Gubernur DKI Jakarta. Salah satunya, sikap Jokowi yang maju sebagai Pilpres hingga terpilih menjadi presiden dianggap telah mengecewakan sebagian warga Jakarta.

Menurut Anggota Fraksi Demokrat-PAN, Taufiqqurahman, di tengah masih menumpuknya permasalahan Jakarta, Jokowi dengan mudahnya mengajukan cuti untuk mengikuti proses pemilihan presiden.

"Saat warga Jakarta menaruh harapan besar akan Jakarta baru yang dapat meingkatkan kesejahteraan warga, mengatasi persoalan banjir, macet, banjir dan berbagai problem sosial, Gubernur Jokowi dengan mudahnya mengajukan cuti sementara," ujar Taufiqqurahman.

Padahal saat itu, lanjut dia, Jakarta membutuhkan sosok seorang pemimpin yang memiliki komitmen kuat terhadap visi pembangunan. Sikap Jokowi tersebut berdasarkan pandangan Fraksi Demokrat-PAN bukanlah sikap seorang negarawan.

"Hal ini seakan tidak tercermin dalam sikap dan perilaku seorang negarawan yang dengan mudahnya melepas tanggung jawabnya hanya karena dirinya menjadi calon presiden," kata Taufiqqurahman.

"Sementara masih banyak PR (pekerjaan rumah) di Ibukota Jakarta yang membutuhkan fokus perhatian seorang gubernur dalam menentukan berbagai kebijakan strategis menuju Jakarta yang lebih baik," imbuh dia.

Walau demikian, Taufiq menyatakan, fraksinya mengambil sikap untuk mendukung dan menyetujui pengunduran diri Jokowi sebagai gubernur dengan beberapa catatan.

"Fraksi Partai Demokrat-PAN mendukung dan menyetujui atas pengunduran diri Joko Widodo sebagai gunernur DKI tapi dengan catatan," tukas Taufiq.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini