Sukses

Kabinet Rasa Jokowi untuk Imbangi Kekuasaan KMP di DPR

Kabinet berciri khas Jokowi diperlukan agar nantinya sang presiden tidak dijegal di tengah jalan.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Nasdem meminta Jokowi untuk membangun kabinet yang sesuai dengan ciri khasnya atau bisa dibilang kabinet rasa Jokowi. Ketua DPP Nasdem, Martin Manurung menilai hal ini untuk mengimbangi dominasi kekuatan Koalisi Merah Putih (KMP) di parlemen.

"Jokowi harus bisa mencari hal dilakukan supaya bisa mengimbangi dinamika yang terjadi di DPR di mana lawan politik Jokowi menguasai semua lini di parlemen. Dia harus bisa membangun kabinet yang tidak diragukan integritasnya. Berciri layaknya seorang Jokowi," ujar Martin di gedung DPP Partai Hanura, Jakarta, Jumat (3/10/2014).

Ketua gerakan Pemuda Nasdem itu meminta Jokowi tidak membeda-bedakan, baik muda maupun tua, tetap harus mengikuti gaya kepemimpinannya. Misalnya suka blusukan atau turun ke jalan.

"Tanpa harus ada dikotomi tua atau muda. Dia (menteri) harus punya stamina tinggi. Terutama untuk membuat terobosan-terobosan baru," jelas Martin.

Menurut dia, hal ini diperlukan agar nantinya Jokowi tidak dijegal, layaknya pemerintahan Gus Dur yang berhenti sebelum masa jabatannya habis. Kabinet rasa Jokowi perlu ditegakkan.

"Gus Dur merupakan sosok yang memiliki paradigma yang bagus, Tapi ketika menyusun pemerintahan tidak diisi oleh orang-orang yang seiring dengan Gus Dur, sehingga menteri-menterinya membuat kebijakan tidak sesuai arahan presiden. Tapi kalau Jokowi bisa bentuk kabinet yang Jokowi banget, maka bisa mewujudkan pemerintah yang tidak mudah dijatuhkan di tengah jalan," tandas Martin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.