Sukses

Usai Pemilihan Ketua DPR Baru, Sidang Paripurna Lengang

Sidang Paripurna yang mengagendakan pengesahan tata tertib DPR nampak lengang dikarenakan semalam diwarnai interupsi kepada pimpinan sidang.

Liputan6.com, Jakarta - Pascaterpilihnya Bendahara Umum Partai Golkar Setya Novanto menjadi Ketua Umum DPR dalam Rapat Paripurna, Rabu 1 Oktober hingga Kamis dini hari tadi, suasana Sidang Paripurna yang mengagendakan pengesahan tata tertib DPR nampak lengang.

Hal ini dikarenakan Rapat Paripurna semalam diwarnai dengan perdebatan seru serta hujan interupsi dari para anggota dewan kepada pimpinan sidang Popong Otje Djundjunan.

Selain itu, pertarungan yang cukup sengit juga terjadi antara Koalisi Indonesia Hebat dengan Koalisi Merah Putih dalam pelaksanaan pemilihan pimpinan DPR malam tadi.

Sesuai dengan UU MD3 memang diharuskan fraksi-fraksi yang akan mengajukan pimpinannya dari 5 fraksi. Sedangkan Koalisi Indonesia Hebat sendiri belum mempunyai fraksi tambahan. Dimana mereka hanya memiiliki Hanura, PDI Perjuangan, PKB, dan Nasional Demokrat.

Karena tidak puas dengan mekanisme Sidang Paripurna malam tadi, seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Kamis (2/10/2014) akhirnya Koalisi Indonesia hebat yang dipimpin oleh PDIP melakukan aksi walkout karena tidak setuju hasil Paripurna yang menetapkan Koalisi Merah Putih sebagai pemenang atau disetujui paket pimpinannnya. Di antarannya ada Fahri Hamzah dari PKS, TTaufik Kurniawan dari PAN, dan Agus Hermanto dari Partai Demokrat.

Malam tadi Partai Demokrat akhirnya mendukung Koalisi merah putih. Selain itu ada sejumlah pandangan sumir terkait terpilihnya Setya Novanto sebagai ketua DPR yang diragukan dapat memperbaiki citra DPR.

Siang ini pemilihan Ketua DPD tengah berlangsung. Seperti apa suasana sidang dan apakah kembali akan ada pertarungan sengit antara Koalisi Merah Putih dengan Koalisi Indonesia Hebat? Ikuti terus berita selengkapnya di Liputan6.com. (Mut)

Baca juga:

 
Karding PKB: Pemilihan Ketua DPR Tak Fair

KMP Raih Kursi Pimpinan DPR Berkat Manuver Ini

Jokowi Sebut Terpilihnya Setya Novanto Tradisi Baru di DPR

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.