Sukses

Kabinet Jokowi Juga Akan Diisi Kader Parpol Koalisi Merah Putih

Jokowi ternyata juga menyiapkan kursi menteri untuk kader parpol dari Koalisi Merah Putih pendukung Prabowo-Hatta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Terpilih Jokowi menyiapkan 16 kursi menteri untuk profesional parpol. Dari 16 kursi itu, Jokowi ternyata juga menyiapkan untuk kader parpol dari Koalisi Merah Putih pendukung Prabowo-Hatta.

"Bisa saja kan, misalnya yang bagus dari partai A, bisa saja," kata pria yang karib disapa Jokowi itu di Balaikota Jakarta, Rabu (17/9/2014).

Namun, ia belum dapat memastikannya. Jokowi mengatakan, usulan nama-nama calon menteri dari parpol saja belum diterimanya. Sehingga ia juga belum mengetahui apakah ada partai politik di luar pengusungnya yang berminat bergabung dengannya dan mengusulkan nama kadernya untuk menjadi menteri.

"Yang mau ke kita itu siapa? Kan belum jelas," ucap mantan Walikota Surakarta itu.

Sebelumnya, JK mengungkap, 16 menteri yang akan diisi oleh orang profesional dari partai akan dialokasikan lebih dulu bagi partai pendukung pada Kabinet Jokowi. Namun, ia menekankan perlunya keseimbangan dalam memberikan jatah kursi menteri.

"Ya dalam koalisi dong, masa di luar koalisi. Ada nanti sesuai dengan porsi juga sesuai dengan besarnya partai. Itu fleksibel, tapi kita atur lah baik-baik. Harus ada keseimbangan," tegas JK pada Selasa 16 September 2014 malam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.