Sukses

SBY Berharap Jokowi Tingkatkan Hubungan dengan Tiongkok

Wakil Ketua Dewan Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat Tiongkok sebelumnya menemui Jokowi di Balaikota DKI Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menerima kunjungan Wakil Ketua Dewan Nasional Majelis Permusyawaratan Politik Rakyat Tiongkok, Wang Jiarui di Kantor kepresidenan, Jakarta.

Dalam sambutannya, SBY yang didampingi Menteri Luar Negeri RI Marty Natalegawa, menyatakan bahwa selama 10 pemerintahannya, hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok cukup harmonis. Dan SBY pun berharap pemerintahan Jokowi-JK berikutnya, dapat meningkatkan hubungan ini.

"Selamat datang di Jakarta, Indonesia. Saya senang dan berterima kasih dengan kunjungan, semoga yang mulia dapat meningkatkan kemitraan antara Tiongkok dengan Indonesia," ujar SBY dalam menyambut Wang Jiarui, Selasa (16/9/2014).

"Saya senang, dan harapannya pemimpin baru di Indonesia, Bapak Joko Widodo bisa terus meningkatkan hubungan yang baik dengan pemimpin Tiongkok," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, secara pribadi, SBY juga mengaku mempunyai hubungan baik pula dengan para pemimpin Tiongkok seperti mantan Presiden China Hu Jintao dan Presiden Cina saat ini, Xi Jinping.

"Sebagaimana hubungan bilateral kita kuat, baik dan terus berkembang, tentu harus ditingkatkan lagi, saya tahu yang mulia juga ikut berkontribusi, bekerja sama yang baik," tandas SBY.

Wang Jiarui sebelumnya menemui Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Senin 15 September kemarin. Kedatangan ‎Vice-chairman of the Chinese People Political Consultative Connfrence (CPPCC) itu untuk menyampaikan ucapan selamat Presiden China Xi Jinping kepada Jokowi yang telah terpilih sebagai presiden.

"Kedatangan saya ke sini menemui Pak Jokowi untuk menyampaikan ucapan selamat kepada Pak Jokowi," ujar Wang melalui seorang penerjemah, usai melakukan pertemuan tertutup dengan Jokowi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.
    Negara dengan penduduk terbanyak di seluruh dunia. Negara ini telah berganti nama menjadi Republik Rakyat Tiongkok.

    China

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • SBY

  • tiongkok