Sukses

Puan Optimistis Kabinet Jokowi-JK Tetap Efektif

Susunan kabinet Jokowi, dari 34 menteri, 18 orang diambil dari kalangan profesional murni dan 16 orang dari kalangan profesional parpol.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PDIP di DPR Puan Maharani optimistis, pemerintahan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla akan tetap efektif meski kabinet Jokowi nanti banyak diisi kader partai politik.

 "Ya (efektif), tentu saja kita berharap kabinet yang terbentuk memang kabinet berasal dari berbagai kalangan punya kapabilitas, potensi, dan membantu kinerja Presiden dan Wapres sesuai visi dan misi yang sudah dibuat," kata Puan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/9/2014).

Anggota Komisi I DPR itu menilai, Jokowi tidak akan membedakan apakah orang dari kalangan parpol atau profesional, karena yang terpenting adalah potensi.

"Kita harus juga melihat tidak ada dikotomi, kan ada juga orang parpol orang profesional yang berkiprah di politikus dan sama baiknya dengan orang dari kalangan profesional," kata Puan.

Puan memastikan, dengan komposisi para menteri kabinet Jokowi-JK yang berjumlah 16 dari kalangan profesional parpol dan 18 dari profesional murni, bukan berarti Jokowi inkonsistensi terhadap janji-janji politiknya.

Dia mengajak semua pihak untuk membangun bangsa, tanpa ada dikotomi antara kalangan parpol dengan profesional.

Susunan kabinet Jokowi, dari 34 menteri, 18 orang akan diambil dari kalangan profesional murni dan 16 orang dari kalangan profesional partai politik. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini