Sukses

Pengamat: Latar Belakang Calon Menkominfo Harus dari Jurnalis

Saat ini terdapat 5 nama dari kalangan jurnalis potensial yang dianggap mampu memimpin Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Boni Hargens menyambut positif pengumuman postur kabinet Jokowi. Apalagi, pemerintahan mendatang bakal banyak diisi kalangan profesional.

Khusus bagi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo/Kominfo) yang saat ini dipimpin Tifatul Sembiring, Boni berharap pengganti kader PKS tersebut merupakan kalangan profesional yang berasal dari dunia jurnalis.

"Dari awal saya sudah bilang Pak Jokowi bahwa kita tidak akan campur soal nama, akan tetapi kalau posisi saya sebagai Pak Jokowi tentu saya akan mengambil orang yang sudah terbukti melakukan perubahan di institusinya untuk memegang Kominfo ini," ujar Boni Hargens di Jakarta, Senin (15/9/2014).

Setidaknya, imbuh Boni, saat ini terdapat 5 nama dari kalangan jurnalis potensial yang dianggap mampu memimpin Kementerian Komunikasi dan Informatika. Di antaranya adalah Narliswandi, Agung Adiprasetyo, Dyah Kartika Rini Djoemadi, Suryopratomo, Syaiful Hadi, serta Niken Widhiastuti.

Menurut Boni, dengan potensi yang dimiliki kelima sosok tersebut, jika dapat memberikan masukan secara langsung ke Jokowi-JK, maka ia akan merekomendasikan nama terakhir yaitu Niken Widhiastuti yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama LPP RRI sekaligus Presiden Asia Pacific Institute for Broadcasting Development (AIBD).

"Beliau memiliki gagasan, terobosan yang bagus, latar belakang jurnalis, dan berintegritas. Maka Bu Niken saya akan angkat jadi menteri kalau saya adalah Pak Jokowi," pungkas Boni Hargens. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini