Sukses

SBY: Nama Dipendekkan Bawa Berkah, Begitu Juga Jokowi

Menurut SBY, nama Joko Widodo dipendekkan menjadi Jokowi juga menjadi berkah.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meresmikan Kawasan Adhyaksa Loka dan Rumah Sakit Umum Adhyaksa yang terletak di Jalan Hankam Raya, Ceger, Cipayung, Jakarta Timur.

Dalam sambutannya, SBY yang didampingi Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) bercerita mengenai asal mula nama panjangnya yang selama ini disingkat dan menjadi panggilan akrabnya.

SBY menuturkan, namanya mulai disingkat menjadi 3 huruf pada 2004 atau jelang pemilihan umum presiden. Namun terbukti ketika menjadi mudah diingat, hal itu pun membawa berkah, sehingga dia terpilih menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung.

"Di negara kita ada tren kalau di samping memiliki nama, kalau namanya dipendekkan suka membawa berkah. Misalnya saya Susilo Bambang Yudhoyono, pada 2004 diubah wartawan menjadi SBY, alhamdulillah membawa berkah," ujar SBY saat memberi sambutan, Jumat (12/9/2014).

Sama halnya dengan nama Joko Widodo yang diubah oleh masyarakat menjadi Jokowi, lanjut SBY, hal itu pun turut membawa berkah bagi presiden terpilih 2014.

"Pak Joko Widodo juga begitu, jadi Pak Jokowi. Alhamdulillah beliau diberi berkah untuk memimpin negeri kita," lanjut SBY yang membuat para hadirin termasuk Jokowi langsung tertawa.

Masih dengan candaannya, SBY pun menganjurkan agar siapa saja yang ingin memimpin negeri ini sebaiknya memangkas atau memiliki panggilan yang mudah diingat.

"Kalau ada yang mau jadi presiden, bisa menyingkat namanya misalnya Dipo Alam jadi Dipa, Moeldoko jadi MDK, dan Sutarman STM. Agar mudah diingat saat kampanye... It's only joking," canda SBY.

Sebagai penutup, SBY pun secara resmi menekan tombol peresmian rumah sakit tersebut didampingi Jaksa Agung Basref Arief. "Kawasan Adhyaksa Loka dan Rumah Sakit Umum Adhyaksa, dengan resmi saya nyatakan dimulai operasinya," ucap SBY yang langsung disambut tepuk tangan hadirin.

Sejumlah fasilitas terdapat di kawasan Adhyaksa Loka. Seperti Rumah Sakit Umum Adhyaksa, masjid, monumen nurani Adhyaksa, power house, puri Adhyaksa, club house, sarana olahraga, sarana diklat, serta beberapa fasilitas lainnya.

Rumah Sakit Umum Adhyaksa merupakan salah satu bagian penting dari Adhyaksa Loka yang secara khusus akan difungsikan sebagai tempat pemeriksaan medis bagi tersangka dan terdakwa dalam proses penuntutan pidana. Selain itu juga sebagai fasilitas bagi pegawai Kajaksaan. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.