Sukses

Nasihat Eks PM Inggris Tony Blair untuk Jokowi

Tony Blair bercerita mengenai pengalamannya selama dua periode menjadi Perdana Menteri di Inggris kepada Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Perdana Menteri (PM) Inggris Tony Blair menyambangi kediaman Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) di Jalan Taman Suropati, nomor 7, Menteng Jakarta Pusat.

Dalam pertemuan yang digelar secara tertutup itu, Tony Blair bercerita mengenai pengalamannya selama dua periode menjadi Perdana Menteri di Inggris kepada Jokowi.

"Saya tanya mengenai bagaimana mempersiapkan pemerintahan di awal-awal. Terus saya tanya, dulu waktu dia memulai pemerintah seperti apa. Dia cerita banyak dalam mulai menyiapkan proses ini," ujar Jokowi, Kamis (11/9/2014).

Kepada Jokowi, Blair pun menyampaikan empat hal yang harus dilakukan agar pemerintahannya berjalan dengan baik. Empat hal itu terkait Policy Advisor (Penasihat Kebijakan), Strategic Advisor (Penasihat Strategis), Communication Advisor (Penasihat Komunikasi), dan Public Service Delivery Advisor (Penasihat Pelayanan Publik).

"Untuk policy, empat itu yang penting. Beliau bercerita tentang empat hal itu. Hanya yang terkait dengan empat itu. (Untuk menjalani pemerintahan yang baik) beliau bilang, itu kuncinya. Itu harus dipegang," ujar Jokowi.

Selain membicarakan hal tersebut, Tony Blair juga bercerita bahwa selama ini, melalui sebuah lembaga amal yang ia pimpin, dirinya telah banyak memberikan bantuan dalam bidang pendidikan.

"Dia tadi cerita mengenai dia menyumbang ke sini untuk bidang pendidikan. Dia menyumbang program untuk 1, 2, 3 sekolah di sini. Itu kepentingan Pak Tony datang ke Indonesia," tandas Jokowi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.