Sukses

Jokowi Rencanakan Drone Masuk Desa

Presiden terpilih Joko Widodo merencanakan ‎akan menjadikan Drone (pesawat tanpa awak) masuk hingga ke pelosok desa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Jokowi merencanakan ‎akan menjadikan Drone (pesawat tanpa awak) masuk hingga ke pelosok desa. Program 'Drone Masuk Desa' untuk pertanian itu, saat ini tengah dalam proses penghitungan. ‎

"Itu masih dalam proses kalkulasi, memang yang paling penting itu manfaatnya yang konkret," ujar Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Rabu (10/9/2014).

Jokowi mengatakan, saat ini yang telah masuk dalam programnya adalah Drone untuk fungsi pertahanan, memantau wilayah perbatasan, dan pemetaan wilayah. "Itu kan (masuk desa) baru mulai untuk pertanian. Paling harganya Rp 25 juta per unit. Itu untuk bisa 10-15 wilayah," ucapnya.

Sebelumnya politisi PDIP Budiman Sudjatmiko sempat menyebut kalau pembelian Drone yang disebut oleh Jokowi tidak hanya dapat diperlukan untuk memantau dan menjaga wilayah perbatasan, namun juga berguna untuk memetakan lahan dan pembangunan di wilayah desa.

"Satu drone heli harganya sekitar Rp 5 - Rp 25 juta. 10 Desa misal punya 1 drone. 1 Pesawat heli bisa 2 jam terbang menangkap pemetaan 100 hektar dengan inframerah. Pemetaan bisa selesai dalam 1 hari selesai," ujar Budiman beberapa waktu lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Drone

Video Terkini