Sukses

Jokowi-JK Disarankan Lelang 3 Posisi Bidang Migas Ini

Tiga posisi penting tersebut bakal bersentuhan langsung dengan kebijakan dan sumber daya minyak dan gas di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Maraknya kasus korupsi di sektor minyak dan gas (migas) membuat pemerintahan mendatang harus memiliki menteri yang tak hanya menguasai bidang, tapi tahan dari godaan. Muncul wacana untuk melelang posisi menteri dan pimpinan khusus di bidang tersebut.

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Herdi Sahrasad mengatakan, sedikitnya ada 3 posisi penting pada bidang migas yang perlu dilelang Jokowi-JK. Ketiga posisi itu adalah Menteri ESDM, Dirut Pertamina, dan Kepala SKK Migas.

"Tiga posisi penting tersebut bakal bersentuhan langsung dengan kebijakan dan sumber daya minyak dan gas di Indonesia. Jadi perlu dilelang agar transparan dan akuntabel," kata Herdi di Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Untuk melaksanakan lelang itu, Jokowi-JK bisa membuat tim baru diluar Tim Transisi. Tim itu paling tidak berisi pihak-pihak yang sangat mengerti permasalahan sektor migas. Sebab, ketiga posisi itu sangat strategis.

Meski embrionya sama dengan konsep lelang yang dilakukan Jokowi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta, Herdi menyarankan perlu ada modifikasi dalam sistem lelang ketiga posisi itu. Jokowi-JK dapat melibatkan partisipasi publik dan media massa untuk ikut menilai dan mengawasi rekam jejak para calon.

"Saya kira itu dapat melibatkan partisipasi publik dan media, jadi sebetulnya lebih menguntungkan meskipun caranya tidak 'setelanjang' lelang jabatan yang dilakukan dirinya ketika di gubernur. Jangan seperti itu lah coba cari cara yang lebih soft," tutup Herdi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini