Sukses

Tim Transisi Temui Menlu Marty Bahas KTT untuk Jokowi

Tim Transisi menemui Menlu Marty Natalegawa untuk cari arahan tentang KTT-KTT yang akan dikunjungi Jokowi di November-Desember 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Transisi terus melakukan koordinasi dengan para menteri Kabinet Indonesia Bersatu II. Hari ini, Tim Transisi datang ke Kementerian Luar Negeri dan bertemu Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa.

Dari Tim Transisi terlihat Ketua Tim Rini Soemarno dan Deputi Tim Andi Widjojanto. Mereka datang pukul 09.30 WIB.

"Kami menemui Pak Menlu untuk cari arahan tentang KTT-KTT yang akan dikunjungi Pak Jokowi di November-Desember 2014," kata Andi di Kemenlu, Jakarta, Selasa (9/9/2014).

Andi menuturkan, kedatangannya untuk membahas soal Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) apa saja yang akan dihadiri oleh Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) ketika resmi menjadi Presiden RI nanti. Selain tu, Tim juga ingin mengetahui posisi Indonesia di mata internasional dalam KTT yang dijadwalkan.

"Secara khusus kami ingin minta penjelasan posisi Indonesia di KTT itu untuk beberapa isu seperti kerjasama energi regional, izin perdagangan bebas, masalah politik global lainnya," jelas Andi.

Dia menuturkan, salah satu KTT yang akan dihadiri Jokowi adalah KTT Asean di Myanmar. Dalam acara itu, akan dibahas soal persiapan Indonesia menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia 2015. Dengan demikian, pertemuan dengan Kemenlu tidak akan berlangsung sekali ini saja.

"Di tahap awal kami akan minta penjelasan global oleh Pak Menlu. Nanti atas izin Pak Menlu akan ada pertemuan-pertemuan selama 6 minggu ke depan," tandas Andi.

Pertemuan Tim Transisi dengan Menlu setelah sebelumnya Tim berkoordinasi dengan Menteri Koordinator terkait sebagaimana disebutkan dalam aturan yang dikeluarkan Sekretaris Kabinet Pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini