Sukses

Jokowi Tidak Rombak Masterplan Pemerintahan SBY

Jokowi mengatakan, pihaknya tidak akan merombak masterplan yang telah dibangun pemerintahan SBY.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meyakini, presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi dapat mencapai target Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). Jokowi mengatakan, tidak akan merombak masterplan yang telah dibangun pemerintahan SBY.

Menurut Jokowi, ke depan pemerintahannya tetap mencari persamaan visi dan misi dari program pemerintahan SBY yang ada saat ini dan tetap melanjutkan.

"Nggak dong, kalau misalkan kedaulatan pangan untuk pertanian apa yang harus dibangun? Waduk, waduk, waduk. Kan juga tadi (dalam MP3EI) juga ada waduk. Kalaupun baru dimulai tapi itu kan ada. Ya tadi contohnya‎," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (5/9/2014).

Menanggapi rasa optimis SBY, Jokowi tidak mau menjanjikan seluruh program MP3EI dilaksanakan sepenuhnya selama 5 tahun masa kepemimpinannya nanti. "Ya semuanya harus kita lihat dulu, yang baik dilanjutkan, yang cocok dilanjutkan."

''Yang tidak pas, masih kurang, kita paskan, saya kira itu. Karena orientasi jelas berbeda, orientasi misalnya kita masuk ke pertanian, kedaulatan pangan itu prioritas," sambung Jokowi.

Mempercepat

Jokowi menegaskan, pemerintahannya nanti akan mempercepat pengerjaan beberapa proyek  MP3EI yang saat ini sedang berjalan. Terutama proyek-proyek yang berkaitan dengan ketahanan pangan dan pembangunan maritim.

"Tadi kita mau masuk ke kedaulatan pangan, swasembada pangan, kan banyak misalnya hal-hal yang berkaitan dengan bendungan itu dipercepat. Kalau bendungan sudah masuk ke irigasinya," ucap Jokowi.
‎
Tak hanya melakukan percepatan, Jokowi pun mengaku siap menyiasati bila ada program yang terkendala masalah finansial. Ia berjanji siap turun langsung ke lapangan menyelesaikan, terutama penyelesaian proyek pembangunan infrastruktur.

"Kalau APBN tidak cukup, tidak siap, bisa dicarikan lewat investasi, lewat investor. Tapi infrastruktur apa dulu. Kalau kita memang akan cenderung masuk ke transportasi laut dan rel. Tadi yang rel ada kan? Saya kira di depan sudah saya sampaikan," ujar Jokowi.

Presiden SBY sebelumnya mengaku yakin Jokowi mampu mencapai target MP3EI. "Saya titip Pak Joko Widodo, presiden yang akan datang agar MP3EI dapat dilakukan," ucap SBY.

SBY yakin, Jokowi mampu mencapai target MP3EI --yang sudah berjalan selama 3 tahun itu-- dalam kurun 11 tahun ke depan. "Karena masih ada 11 tahun dengan Pak Joko Widodo sasaran besar itu bisa kita capai," pungkas SBY.‎ (Sss)
‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.