Sukses

Jokowi Baru Bicara Menteri Usai Putuskan Struktur Kementerian

Untuk itu, Jokowi mengadakan rapat dengan tim transisi untuk membahas struktur kabinetnya.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Jokowi menegaskan dirinya tak akan membahas perihal siapa tokoh yang akan akan mengisi kabinetnya hingga struktur kabinet diputuskan. Apakah dilakukan perampingan atau tidak.

"(Komposisi menteri) belum. Kalau sudah memutuskan opsi kementerian, baru (menterinya)," ucapnya di Kantor Transisi Jokowi-JK di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat (2/9/2014).

Karena itu, Selasa kemarin dirinya mengadakan rapat dengan tim transisi untuk membahas soal opsi 1 struktur kabinetnya, yakni opsi 34 kementerian.

Ia mengatakan meski tak terjadi pengurangan kementerian, yang berbeda dari opsi 1 ini dengan kabinet Presiden SBY adalah lebih ditekankan kepada perubahan nama beberapa kementerian, yakni Kementerian Ekonomi Kreatif, Kementerian Kedaulatan Pangan, dan Kementerian Maritim.

"Ini belum memutuskan loh. Masih ada 2 opsi lagi. Mungkin besok dibahas," ucap Jokowi.

Dalam opsi 1 itu sendiri, ditambahkan Deputi Kantor Transisi Andi Widjajanto, ada 19 dari 34 kementerian yang tak akan diubah atau tetap sama. Di antaranya Kementerian Pertahanan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Hukum.

"Tadi kami menyampaikan ke Pak Jokowi kalau masih 34 kementerian, maka tidak dibutuhkan gedung atau pegawai baru," jelas Andi. (Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.