Sukses

Ketua MK Ungkap Alasan Tolak Gugatan Prabowo

Hamdan mengaku memiliki beban yang teramat berat saat akan memutuskan sengketa pilpres itu.

Liputan6.com, Denpasar - Mahkamah Konstitusi (MK) telah memutuskan sengketa Pilpres 2014. Dalam putusannya, majelis hakim MK menyatakan menolak gugatan yang diajukan Prabowo-Hatta.

Ketua MK Hamdan Zoelva mengungkapkan lembaganya memiliki pertimbangan tersendiri menolak gugatan Prabowo-Hatta seluruhnya. Menurutnya tak ada alasan signifikan yang bisa membatalkan hasil pemilu.

"MK tidak bisa membatalkan hanya gara-gara 1,10 atau bahkan 100 money politics, karena itu tidak signifikan. Dan, pelanggaran-pelanggaran itu ada mekanismenya, diselesaikan di pengadilan misalnya. MK hanya menilai apa bisa pelanggaran itu membatalkan hasil pemilu atau tidak. Dan ternyata kemarin tidak," beber Hamdan di Fakultas Hukum Universitas Udayana, Bali, Jumat (22/8/2014).

Menurutnya, putusan MK soal sengketa pilpres akan menjadi sejarah bangsa. "Baru sekarang ini kan ada dua kandidat yang bertarung. Ini adalah sejarah dan dengan kejadian ini di masa mendatang, jika terjadi kembali akan lebih mudah kita antisipasi," ujar Hamdan.

Lantas bagaimana perasaan Hamdan usai mengetukkan palu atas putusan tersebut? "Setelah ketok palu, rasa-rasanya plong. Syukur, semua aman dan baik, sehingga hari ini bisa bertemu calon-calon sarjana hukum di Bali," kata Hamdan.

Hamdan mengaku memiliki beban yang teramat berat saat akan memutuskan sengketa pilpres itu. Bahkan ia awalnya mengaku tak bisa memprediksi seperti apa putusan sengketa pilpres tersebut.

"Sebelum memutus kemarin, saya merasa bebannya berat. Karena banyak sekali yang harus dipikirkan, dikerjakan, mengingat tanggung jawabnya sangat besar," tandas Hamdan. (Riz)

Baca juga:

SBY: Saya dengan Senang Hati Membantu Presiden Baru

MK Tolak Seluruh Gugatan Prabowo-Hatta

Ketuk Palu untuk Kemenangan Jokowi-JK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.