Sukses

Enggan Ikuti Gugatan Pilpres, Jokowi: Nggak Ada Masalah Serius

Jokowi mengatakan, dirinya memang sengaja tidak mencari tahu gugatan yang diajukan kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa itu.

Liputan6.com, Jakarta - Sidang ‎Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2014 di Mahkamah Konstitusi (MK) sudah memasuki hari keenam. Namun presiden terpilih Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi itu mengaku tidak tahu sejauh mana perkembangannya.

Jokowi mengatakan, dirinya memang sengaja tidak mencari tahu gugatan yang diajukan kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa itu. Sebab dirinya sudah menyerahkan sepenuhnya kepada tim pemenangannya.

"Loh, saya memang nggak pernah (mengikuti sidang MK). Selama ini kan memang sudah diserahkan kepada pengacara," ujar Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (14/8/2014).

Menurut Jokowi, ketidaktahuan perkembangan persidangan tersebut karena persidangan masih cukup kondusif dan tidak ada permasalahan serius. Maka itu, tim advokasi yang bertugas mewakili tim pemenangannya belum memberikan laporan apapun.

"Kalau pengacara tidak memberikan laporan yang kira-kira saya perlu tahu, berarti nggak terlalu ada masalah serius. Kalau telepon saya, berarti ada yang serius. Kalau nggak telepon saya, berarti nggak ada persoalan yang serius," ucap Jokowi.

MK menggelar sidang sejak 6 Agustus lalu, setelah pasangan Pabowo Subianto-Hatta Rajasa mengajukan keberatan atas pelaksanaan Pilpres 2014. Mereka menilai penyelenggara Pilpres, yakni KPU telah melakukan kecurangan hingga membuat mereka banyak kehilangan suara saat pemungutan suara 9 Juli lalu.

Selain menggugat KPU, kubu Prabowo-Hatta juga melaporkan KPU ke Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Disebutkan, Prabowo-Hatta berencana akan menambah materi gugatan baru ke MK, menyusul kecurigaan terkait keotentikan pengamanan kertas berbentuk tulisan terhadap hologram dan mikroteks yang terletak di formulir C1.

Baca juga:

Kedepankan Maritim, Jokowi Ingin Kembalikan Kejayaan Sriwijaya

Jokowi Mulai Bangun Infrastruktur Tol Laut

Jokowi Jadikan Gedung SKPD Baru Sebagai Percontohan

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini