Sukses

'e-Blusukan', Cara Jokowi Blusukan Hingga ke Dunia Maya

Ide ini tercetus saat Jokowi menerima 45 relawan sosial media beberapa waktu lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi dikenal sebagai sosok yang kerap terjun langsung ke lapangan untuk mencari solusi dari masalah yang terjadi di tengah masyarakat. Sejak menjadi Walikota Solo hingga Gubernur DKI Jakarta, kegiatan yang disebut sebagai blusukan ini juga menjadikan Jokowi dekat dengan warganya.

Begitu dilantik sebagai Presiden pada 20 Oktober 2014 mendatang, Jokowi berencana kembali melanjutkan blusukannya. Namun, tak hanya blusukan seperti yang selama ini dilakukan. Jokowi juga berencana blusukan di dunia maya dengan program yang dinamakan e-Blusukan.

"Ide e-Blusukan ini baru 2 hari lalu. Ini untuk memperkuat program kerja yang ada, menampung aspirasi masyarakat, serta interaksi virtual," ujar salah satu tim Transisi Jokowi-JK Andi Wijayanto pada acara diskusi di kawasan Mahakam, Jakarta, Sabtu (9/8/2014).

Ide ini lanjut Andi, tercetus saat Jokowi menerima 45 relawan sosial media beberapa waktu lalu. Jokowi meminta mereka yang pernah mendukungnya saat kampanye Pilpres lalu untuk terus mendampinginya memimpin pemerintahan yang akan datang.

"Pada saat itu Jokowi menanyakan ke relawan bagaimana caranya mereka blusukan lewat IT. Lalu mereka menjelaskan program blusukan yang nantinya akan digunakan Jokowi," tutut Andi.

Andi menambahkan, dalam program e-Blusukan itu, nantinya akan ada kelompok atau relawan yang mencari titik-titik permasalahan yang dihadapi masyarakat. Seperti, ada kelompok yang bertugas mencari sekolah-sekolah rusak, fasilitas-fasilitas umum yang terbengkalai dan sebagainya.

"Lalu temuan mereka itu akan dipetakan melalui GPS. Dan itu akan menjadi masukan untuk Pak Jokowi," pungkas Andi Wijayanto. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.