Sukses

Kabinetrakyat.org Optimistis 12 Kandidatnya Diterima Jokowi-JK

Anggota Tim Admin kabinetrakyat.org Doni Hutabarat menuturkan, situs ini bukanlah penentu siapa saja yang akan mengisi kabinet Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Situs www.kabinetrakyat.org yang melakukan uji publik tokoh mana saja yang pantas masuk kabinet pemerintahan Jokowi-JK optimistis ada beberapa kandidat yang dapat diterima oleh Jokowi-JK. Alasannya, 123 kandidat yang akan mengisi 42 kementerian dan lembaga negara dianggap memenuhi kriteria yang diminta oleh Jokowi-JK.

"Kabinetrakyat.org optimis 10% atau sama dengan 12 kandidat akan masuk dalam kabinet Jokowi-JK untuk 5 tahun ke depan," ujar Koordinator Tim Admin www.kabinetrakyat.org M Rahman di Jakarta, Rabu (6/8/2014).

Kabinetrakyat.org menentukan 9 kriteria yang harus dipenuhi. Kriteria-kriteria itu adalah tidak pernah terlibat korupsi, bukan pelanggar HAM, profesional di bidangnya sesuai visi-misi Jokowi-JK, bukan perusak lingkungan hidup, menghargai kebhinekaan, memiliki leadership, memiliki kompetensi yang baik secara manajerial, mengerti manajemen administrasi pemerintahan, dan punya rekam jejak yang baik serta mau melayani.

Anggota Tim Admin kabinetrakyat.org Doni Hutabarat menuturkan, situs ini bukanlah penentu siapa saja yang akan mengisi kabinet Jokowi-JK. Mereka sebatas memberikan masukan dan laporan berkala.

"Kita bukan penentu. Silakan masukan saran ke kami, tapi kuncinya ke Jokowi-JK," ungkap Doni.

Hasil uji publik ini tidak akan didiamkan begitu saja, tapi akan langsung dikomunikasikan dengan Jokowi-JK. "Pada 15 Agustus akan diserahkan ke Jokowi-JK, diserahkan ke partai juga dan ke Rumah Transisi juga," ujar Doni.

Uji publik ini dilakukan di media online melalui akun Facebook dengan 1 dukungan untuk 1 pos kementerian, dimulai sejak Minggu 27 Juli pukul 03.00 WIB. Uji publik ini juga menampilkan 123 kandidiat untuk 42 pos kementerian dan lembaga negara. Dari kandidat yang berafiliasi dengan partai politik, PDIP memiliki kandidat 32 orang, Nasdem 13 orang, PKB 6 orang, dan Hanura 1 orang.

Doni mengatakan, untuk komposisi gender menghasilkan 16 wanita dan sisanya 107 pria yang jadi kandidat menteri. Doni pun menampilkan beberapa nama kandidat yang mendapatkan dukungan tinggi.

Mereka adalah kandidat Mensos Khofifah Indar Parawansa, kandidat Menakertrans Rieke Diah Pitaloka, kandidat Menteri Perikanan dan Kelautan Hugua, kandidat Menpera M Jehansyah Siregar, kandidat Menkes Ribka Tjiptaning, kandidat Menteri ESDM Poltak Sitanggang, kandidat Menteri PDT Indra Jaya Piliang, serta kandidat Menteri Perempuan dan Perlindangan Anak Wanda Hamidah. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini