Sukses

Jokowi Resmikan Kantor Transisi

Menurut Jokowi, pembukaan kantor tersebut untuk mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan pemerintahan yang akan ia pimpin.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo meresmikan pembukaan kantor tim transisi Jokowi-JK. Kantor itu bertempat di sebuah rumah Jalan Situbondo nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com, Senin (4/8/2014), dengan mengenakan kemeja putih Jokowi tiba di rumah bergaya kolonial itu pada pukul 13.10 WIB. Jokowi langsung masuk ke dalam rumah tersebut dengan disambut politisi Partai Nasdem Akbar Faisal.

Beberapa menit kemudian, Jokowi yang berada di dalam rumah mempersilakan awak media masuk ke dalam. Tampak 5 anggota tim pemenangan Jokowi-JK yaitu Rini M Soemarno, Andi Wijayanto, Hasto Kristiyanto, Anies Baswedan, dan Akbar Faizal telah berada di dalam.

Dengan didampingi 5 orang tersebut di ruang utama, Jokowi meresmikan pembukaan kantor yang dilakukan secara simbolis dengan membuka sebuah kain berwarna merah bertuliskan 'Kantor Transisi Jokowi-JK'.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, dengan ini Kantor Transisi resmi dibuka," ucap Jokowi.

Jokowi menjelaskan, pembukaan kantor tersebut harus dilakukan untuk mempersiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan pemerintahan yang akan ia pimpin. "Kantor transisi ini kita mulai, karena kita harus mempersiapkan semuanya, meskipun di depan kita sangat menghormati proses persidangan di MK," terang Jokowi.

Dengan diresmikannya Kantor Transisi, lanjut dia, para tim transisi yang telah ia bentuk akan mulai aktif bekerja di kantor tersebut. "Guna menjalankan mandat rakyat yang berdaulat, sebagaiman ditunjukkan pada hasil Pilpres yang ditetapkan KPU, kami memandang perlu adanya dibentuk kantor transisi ini," katanya.

Usai meresmikan kantor tersebut, Jokowi pun mengajak awak media melihat-lihat beberapa ruangan. Di antaranya ruang tengah yang menjadi tempat para anggota tim transisi rapat dan sebuah ruangan untuk dirinya. Di dalam ruangan itu, tampak sebuah kursi dan meja kerja dengan latar belakang peta Indonesia berukurang 2x3 meter.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini