Sukses

Relawan Jokowi Usul Kabinet Diisi Sosok Profesional Suka Blusukan

Pemerintahan Jokowi-JK dinilai akan berjalan efektif jika didukung orang-orang yang profesional dan bertanggung jawab.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) resmi ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi presiden dan wakil presiden terpilih pada 22 Juli silam.

Untuk mendukung pasangan terpilih periode 2014-2014 tersebut, Relawan Jokowi Kebangkitan Indonesia Baru (KIB) menginginkan sosok menteri yang juga gemar blusukan yang akan disusun kabinet yang dibentuk Jokowi-JK.

"Kriterianya dalam kabinet Jokowi-JK, sosoknya memiliki loyalitas tinggi, teruji dalam rekam jejak, memiliki kontribusi dalam pemenangan Jokowi-JK. Kemudian profesional di bidangnya dan mau terjun ke bawah blusukan," kata Ketua Umum KIB Reinhard Parapat saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Selasa (29/7/2014) malam.

Harapan itu disampaikan karena menurut Reinhard pemerintahan Jokowi-JK akan berjalan efektif jika didukung orang-orang yang profesional dan bertanggung jawab.

"Kita memerlukan orang-orang yang siap bekerja, dan menjadi tulang punggung di kabinet Jokowi-JK dan menjadikan pemerintahan Jokowi-JK mampu bekerja untuk rakyat," harapnya.

Dia berujar, jika kabinet Jokowi-JK diisi oleh figur-figur yang diharapkan tersebut, maka visi misi Jokowi-JK tidak akan terganggu oleh pihak-pihak yang tak menginginkan kebijakan yang akan dilakukan nanti.

Sebab menurut Reinhard, sikap profesional dan bertanggung jawab itu akan setia membela kepentingan rakyat.

"Dia tidak boleh meninggalkan Jokowi ketika berhadapan dengan kekuatan parlemen yang tidak pro-rakyat. Apabila program-program rakyat yang telah dibuat Jokowi-JK diganggu, maka kekuatan penghalang itu akan berhadapan dengan kekuatan masyarakat," tandas Reinhard.

Baca juga:

Jokowi-JK Bakal Bahas Susunan Kabinet di Rumah Transisi
Ketua Komisi IX DPR Siap Jadi Menkes Kabinet Jokowi-JK
Kriteria Menteri di Kabinet Jokowi-JK

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.