Sukses

Sengketa Pilpres Didaftarkan, Jokowi: Itu Urusan Prabowo dan KPU

Jokowi menilai KPU sangat terbuka dalam menyelenggarakan pemilu tahun ini karena semua bisa mengawasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kubu pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi terkait hasil Pilpres 2014 yang diumumkan KPU. Joko Widodo yang tampil sebagai presiden terpilih mengaku tidak mau ambil pusing dengan hal itu.

"Itu urusan Pak Prabowo dan KPU (Komisi Pemilihan Umum). Bukan urusan saya," ujar Jokowi di Pasar Notoharjo, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (26/7/2014).

Jokowi juga tidak mau memikirkan gugatan itu lebih jauh. Sebab, dirinya merasa gugatan bukan ditujukan padanya, melainkan kepada KPU.

"Siapkan apanya. Yang digugat siapa? KPU dong. Saya ngurus apa?" tanyanya.

Jokowi mengaku sangat menghargai dan mengapresiasi pelaksanaan pemilu yang diselenggarakan KPU. Bahkan, KPU dinilainya sangat terbuka dalam menyelenggarakan pemilu tahun ini karena semua bisa mengawasi.

"KPU sangat terbuka. Orang bisa kontrol, awasi, C1 dibuka. Bisa cek satu per satu. Seperti itu nggak pernah ada di pemilu sebelumnya," ungkapnya.

Karena itu, dirinya merasa tidak perlu lagi ada yang diperkarakan terkait hasil pemilu. "Enggak, tapi harus dihargai. Keterbukaan seperti itu," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.