Sukses

Bertemu Jokowi-JK, Hatta: Semangat Kita Agar Pemilu Damai

Hatta Rajasa menegaskan bahwa pihaknya pun sejak awal menginginkan proses demokrasi berjalan sesuai undang-undang.

Liputan6.com, Jakarta - Cawapres nomor urut 1, Hatta Rajasa menghadiri undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada acara buka bersama dengan sejumlah pimpinan lembaga tinggi negara dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu jilid II di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/7/2014).

Pada acara yang bertujuan untuk menciptakan kondisi aman dan damai jelang penetapan hasil Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2014 yang akan dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Juli mendatang ini, Hatta menegaskan bahwa pihaknya pun sejak awal menginginkan proses demokrasi berjalan sesuai undang-undang.

"Sebelum melakukan kampanye, semangat kita adalah semangat agar pemilu damai, bermartabat," ujar Hatta Rajasa saat tiba di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/7/2014).

Pada kesempatan itu, Ketua Umum Partai Amanat Nasional tersebut juga berharap agar proses pemilu yang berlangsung selama ini tidak mengganggu persatuan dan kesatuan bangsa. "Dan tidak boleh rakyat Indonesia terbelah," ucap Hatta.

Sementara itu, pasangan Jokowi-JK juga sudah tiba beberapa saat setelah kedatangan Hatta. Keduanya datang kompak mengenakan kemeja batik. Tak selang berapa lama, giliran Prabowo Subianto yang tampak hadir di Istana Negara. Mengenakan kemeja putih lengan panjang, mantan Danjen Kopassus ini hanya tersenyum sambil menuju ruang pertemuan.

Selain kedua pasangan capres-cawapres, buka bersama itu juga dihadiri pimpinan lembaga lain seperti, Ketua MPR Sidarto Dhanusubroto, Ketua DPR Marzuki Alie, Ketua DPD Irman Gusman, Ketua/Wakil Ketua BPK Rizal Djalil/Hasan Basri, Ketua MA Hatta Ali, Ketua MK Hamdan Zoelva, Ketua KPK Abraham Samad, Ketua Komisi Yudisial (KY) Erman Soeparman, Ketua KPU Husni Kamil Manik, dan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad.

Sementara dari pihak pemerintah, selain Presiden SBY dan Wakil Presiden Boediono juga akan hadir Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Seskab Dipo Alam, Menkumham Amir Syamsudin, Mendagri Gamawan Fauzi, Jaksa Agung Basrief Arief, dan Kapolri Jenderal Sutarman.

Baca juga:

SBY Ajak Prabowo dan Jokowi Duduk Bersama di Istana
Panglima TNI dan Kapolri Hadiri Deklarasi Damai 2 Kubu Relawan
Bagaimana Jika Ada Capres Tolak Hasil Rekap KPU? Ini Prosedurnya

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini