Sukses

Rekapitulasi KPU, Prabowo-Hatta Unggul Tipis di Sumsel

Pengesahan perolehan suara di Sumsel sempat diwarnai interupsi, namun perdebatan tidak berlangsung lama.

Liputan6.com, Jakarta - Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilu presiden tingkat nasional masih terus berlangsung di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU). Kali ini KPU telah mengesahkan penghitungan suara di Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Di Sumsel, pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Raja memperoleh 2.132.163 suara. Sedangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla memperoleh 2.027.049 suara. Perolehan angka ini memperlihatkan pasangan Prabowo-Hatta unggul sementara di 2 provinsi di Pulau Sumatera.

Pengesahan perolehan suara di Sumsel sempat diwarnai interupsi dari saksi kedua pasangan calon. Mereka menyoroti tingginya suara tidak sah di Ibukota Sumatera Selatan yaitu Palembang.

"Suara tidak sah tinggi," ucap salah satu saksi di ruang rapat pleno gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/7/2014).

Ketua KPU Provinsi Sumsel Aspahani mengatakan, penyebab munculnya suara tidak sah di Palembang karena masih minimnya pengetahuan tata cara pencoblosan warga Palembang, khususnya di pinggiran Kota Palembang. Namun, kata Aspahani, hal itu tidak mempengaruhi keseluruhan suara di Sumatera Selatan.

"Mereka masih minim soal tata cara pencoblosan," kata Aspahani. Namun perdebatan tidak berlangsung lama. Ketua KPU Husni Kamil Manik kemudian mengesahkan rekapitulasi perhitungan suara di Sumatera Selatan.

"Dengan ini, rekapitulasi suara Sumatera Selatan disahkan," ucap Husni. Dengan disahkannya rekapitulasi penghitungan suara di Sumsel, KPU telah menyelesaikan rekapitulasi 4 provinsi dari 12 provinsi yang dijadwalkan pada hari ini.

Adapun daftar urutan yang akan direkap dari KPU provinsi adalah Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Barat, Aceh, Sumatera Selatan, Kalimantan Selatan, Kepulauan Riau, Jambi, Bangka Belitung, Yogyakarta, Bengkulu, Jawa Barat, dan Sulawesi Barat.

Berikut jumlah suara yang diperoleh kedua pasangan capres dan cawapres di Provinsi Sumsel yang telah disahkan KPU:

Prabowo-Hatta: 2.132.163 suara

Jokowi-JK: 2.027.049 suara

Suara sah: 4.159.212

Suara tidak sah: 31.419

Jumlah suara keseluruhan: 4.190.681

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.