Sukses

H-3 Pengumuman KPU, Amien Rais Akui Kekalahan Prabowo-Hatta?

Yasin mengatakan, acara buka bersama itu dihadiri sekitar 500 kader PAN, namun minus cawapres Hatta Rajasa.

Liputan6.com, Jakarta - Tiga hari menjelang pengumuman hasil penghitungan resmi pemilu presiden 2014 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), beredar pesan singkat di kalangan anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN). Isinya, Ketua Majelis Pertimbangan Pusat PAN Amien Rais disebut mengakui keunggulan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla dari Prabowo Subianto-Hatta Rajasa.

"Teman2 yg ku sayangi. Dari Bukber di Rmh Menhut, Pak Amien Rais meneruskan laporan dari Timses PH, bahwa kita kalah diatas 4 %. Semoga. Allah memberikan kekuatan dan keichlasan kdp kita. Aamin YRA.Wass." Demikian bunyi pesan singkat yang beredar melalui SMS, Whatsapp, dan BBM.

Saat dikonfirmasi, staf khusus Ketua Umum PAN, Yasin Kara, membenarkan substansi pesan tersebut. Dia mengaku hadir dalam acara buka puasa bersama di rumah Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, Sabtu 19 Juli 2014 malam, di Jakarta.

"Pak Amien tidak menyebut angka (selisih perolehan suara), tapi dia mengatakan Tuhan belum memilih apa yang kita pilih," kata Yasin, saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (20/7/2014).

Menurut Yasin, acara buka puasa bersama itu dihadiri sekitar 500 kader PAN, dari jajaran elite hingga kader biasa. Namun minus cawapres Hatta Rajasa.  

"Sebenarnya itu penerimaan seorang Muslim yang baik. Itu sikap legowo yang ditunjukkan Pak Amien. Sebagai manusia memang tetap ada kecewa," ujar Yasin.

Menurut Yasin, sikap Amien tersebut didasarkan pada sebagian besar hasil real count yang ada. "Memang bahwa sampai sekian persen suara yang masuk, Jokowi ungguli Prabowo. Kalaupun ada pemilihan ulang, seperti yang terjadi di DKI, angkanya tidak signifikan," ucap mantan calon legislatif PAN itu.

Dalam buka puasa kader PAN itu, Amien juga dikabarkan meminta seluruh kader PAN cooling down. "Saya sependapat dengan Pak Amien, lebih bagus cooling down demi kepentingan bangsa. Sikap untuk menerima kekalahan ini, sudah diteruskan ke pimpinan PAN di daerah," kata Yasin.

Ketika dikonfirmasi hal ini, putra Amien, Hanafi Rais, mengatakan belum ada pernyataan menerima kekalahan dari ayahnya. Tapi dia mengakui, ada permintaan agar kader PAN bersikap cooling down.

"Kalau cooling down itu pernyataan normatif," ujar dia ketika dihubungi Liputan6.com, Minggu (20/7/2014).

Hanafi sendiri mengaku tidak sepenuhnya mengikuti acara buka puasa kader PAN tersebut. "Saya tidak begitu tahu yang terjadi di pusat, tapi tentu yang berhak memberi pendapat soal itu adalah kandidatnya sendiri," kata Hanafi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.