Sukses

Jelang Pengumuman Pemenang Pilpres 2014, Polri Siaga I

Meski Siaga I, Ronny menuturkan masyarakat tidak perlu khawatir karena kabar mengenai akan adanya kericuhan hanya isu belaka.

Liputan6.com, Jakarta - Pemenang Pilpres 2014 akan ditentukan dalam waktu dekat oleh Komisi Pemilihan Umum, tepatnya pada Selasa 22 Juli mendatang. Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Ronny F Sompie mengatakan sampai saat ini Polri dalam kondisi Siaga I, meski belum ada laporan akan adanya aksi massa.

"Polri harus siap dan selalu menjaga, kami Siaga I," kata Ronny di Warung Daun, Jakarta, Sabtu (19/7/2014) pagi.

Dalam Siaga I tersebut, Ronny menjelaskan Polri akan menurunkan 2 per 3 dari total personel untuk mengamankan setiap provinsi di Indonesia. Total personelnya adalah 254.088 anggota.

Ia menambahkan pula, khusus di Gedung KPU Pusat, Polri akan membuat penjagaan sebanyak 4 ring.

Meski Siaga I, Ronny menuturkan masyarakat tidak perlu khawatir. Sebab, kabar mengenai akan adanya kericuhan hanya isu belaka. Pengamanan yang disiapkan Polri adalah untuk berjaga-jaga bila ada kejadian yang tak diinginkan.

‪"Sejauh ini situasi penetapan suara di kabupaten dan provinsi dijamin aman. Dan masyarakat juga jangan cepat percaya dengan adanya asumsi negatif seperti yang dihembuskan di media sosial mengenai adanya kerusuhan," tambah Ronny.

Sebagai bukti, Kapolri Jenderal Sutarman bersama Panglima TNI Moeldoko telah bertemu dengan perwakilan dari 2 pasangan capres-cawapres. Kedua kubu menyatakan akan menghormati keputusan KPU dan mengakhiri dengan damai.

"Ada 6 orang perwakilan kedua pasangan calon yang melaporkan dan berinisiatif mendeklarasikan damai. Panglima TNI juga dilibatkan. Dengan deklarasi damai pengerahan massa bisa diantisipasi. Sehingga timses nggak perlu bawa massa ke KPU Pusat," tandas Ronny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.