Sukses

KPUD DKI: Tak Ada Pencoblosan Ulang 15 TPS di Jakut

Para petugas KPPS di 15 kecamatan dinyatakan melanggar karena membuka surat suara di kelurahan tanpa melalui pleno.

Liputan6.com, Jakarta - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DKI Jakarta menemukan dugaan kecurangan di 15 tempat pemungutan suara (TPS) di Kelurahan Warakas dan Papanggo di Kecamatan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dugaan tersebut adalah dibukanya segel pada kotak suara saat dibawa dari Panitia Pemungutan Suara ke Panitia Pemilihan Kecamatan.

Terkait hal itu, Ketua KPUD DKI Jakarta, Sumarno mengaku tak akan menggelar pencoblosan ulang di 15 TPS tersebut. Sebab tak ada perubahan data pada sejumlah formulir terkait.

"Setelah kita cek benar memang kotak suara dibuka, tapi tidak mengubah jumlah surat suara, dari form C1 baik milik KPU, saksi dan panwasli pun tidak mengubah surat suara sehingga tidak perlu ada pemungutan suara ulang," terang Sumarno di Mercure Ancol, Jakarta Utara, Rabu (16/7/2014).

Dia menjelaskan, pihaknya melalui KPU Jakarta Utara saat itu langsung melakukan pengecekan bersama para pengawas pemilu di masing-masing kelurahan yang bermasalah TPS-nya. Setelah dilakukan pengecekan pihaknya juga langsung melakukan koordinasi dengan Bawaslu.

Adapun kelima belas TPS itu 9 diantaranya di Kelurahan Papanggo, yakni TPS 2, 15, 26, 29, 40, 46, 51, 52, dan 68. Sedangkan di Kelurahan Warakas ada 6 TPS, yakni, TPS 11, 17, 40, 51, 52 dan 68.

Ketua Bawaslu Provinsi DKI Jakarta, Mimah Susanti sebelumnya menegaskan bahwa hal di atas melanggar prosedur pembukaan kotak suara yang tidak sesuai dengan Undang-undang nomor 42 tahun 2008. Yakni para petugas KPPS membuka surat suara di kelurahan tanpa melalui pleno.

"Pembukaan kotak suara itu seharusnya dilakukan dalam pleno. Yang kita rekomendasikan adalah pemungutan suara ulang di TPS dimaksud," tegas Mimah, Jakarta, Senin 14 Juli.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.