Sukses

Jadwal Rekapitulasi KPU Tetapkan Hasil Pilpres 2014

Masih ada rangkaian yang harus ditempuh KPU untuk menentukan pasangan yang unggul dalam Pilpres 2014 ini.

Liputan6.com, Jakarta - Pemilihan umum untuk menentukan Presiden baru Indonesia telah selesai digelar pada hampir seluruh wilayah Indonesia. Meski begitu, masih ada rangkaian yang harus ditempuh KPU untuk menentukan pasangan yang unggul dalam Pilpres 2014 ini.

Berikut ini jadwal rekapitulasi yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pemilihan Presiden 2014 :

10-12 Juli rekapitulasi di desa/kelurahan dikelola oleh panitia pemungutan suara (PPS)
10-14 Juli di luar negeri oleh Pokja
13-15 Juli rekap di kecamatan oleh panitia pemungutan suara kecamatan (PPK)
16-17 Juli di Kabupaten/Kota
18-19 Juli di Provinsi
20-22 Juli di tingkatan Nasional

"KPU menjadwalkan penghitungan dilakukan secara nasional tanggal 20-21 Juli 2014. Kalau selesai di 33 propinsi dan 1 pokja luar negeri akan kita umumkan tanggal 21 Juli. Jika tidak memungkinkan, pengumuman rekapitulasi akan diumumkan pada tanggal 22 Juli," kata Ketua KPU Husni Kami Manik di Gedung KPU, Rabu (9/7/2014) malam.

Selain itu, Husni menyatakan KPU, sebagai penyelenggara pilpres telah melaksanakan pesta demokrasi ini dengan damai dan aman di seluruh wilayah.

"Proses pemungutan suara Pemilihan Presiden hari ini berjalan aman, lancar dan tentu ada dinamika kompetisi," ungkap Husni.

Dia mengimbau masyarakat untuk menjaga kedamaian meskipun proses Pilpres telah berakhir. "Mari sama kita jaga kedamaian ini agar menjadi milik kita bersama," tambahnya.

Proses pemilihan presiden yang telah berlangsung saat ini, kata Husni, sebagai proses demokrasi dan pendewasaan bangsa.

"Dengan berakhir Pilpres 2014, pesta demokrasi telah reselenggara. Masyarakat telah melakukan kedaulatannya sebagai proses demokrasi dalam kerangka negara Indonesia," tandas Husni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.