Sukses

Cerita Jokowi Saat Umrah di Mekah

Para jamaah WNI terus menempeli Jokowi hingga pelaksanaan umrah rampung.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden nomor urut 2 Joko Widodo, baru saja tiba di tanah air usai menjalankan ibadah umrah di tanah suci Mekah, Arab Saudi. Ia sengaja mengisi masa tenang kampanye pemilihan presiden (pilpres) itu untuk beribadah.

Sedikit aktivitas pria yang akrab disapa Jokowi itu pun dikemukakan oleh Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Marwan Jafar, yang juga ikut dalam rombongan ibadah umroh itu. Ia menuturkan, para Warga Negara Indonesia (WNI) di Mekah begitu menyambut kedatangan mantan walikota Solo itu.

Bahkan, mereka terus menempeli Jokowi hingga pelaksanaan umroh rampung.

"Dari hotel sampe Mekah masih diiringi warga. Warga kita (WNI) ikut tawaf juga. Umrah, ikutin tawaf. Tetap khusyuk meski bersama jutaan orang," kata Marwan di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (7/7/2104).

Marwan pun mengaku tak menyangka, melihat antusiasme WNI yang berada di Mekah ketika menyambut Jokowi dan ikut menjalankan umrah bersama-sama.

Ia mengungkap, ada suatu peristiwa di mana Jokowi sedang berada di makam Rasulullah SAW. Pada saat itu, saking ramainya antrean menuju ke Makam Rasulullah, Jokowi terkena cakaran.

"Di Multazam, itu momen yang bagus. Di situ adalah kita berdoa secara khusyuk, di Mekah Al Karomah. Kemudian di tempat Rasulullah SAW itu betul-betul luar biasa, antreannya panjang sekali. Sampai beliau (Jokowi) itu kena cakaran juga," tambah Marwan tanpa menjelaskan lebih lanjut mengenai letak cakaran yang didapati Jokowi di tempat itu.

Dalam menjalankan umrah kali ini, gubenur nonaktif DKI Jakarta itu juga mengajak istri dan 2 anak serta sejumlah koleganya. Jokowi tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi Minggu 6 Juli sekitar pukul 21.00 waktu setempat. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.