Sukses

Kapolri: Personel Kami akan Monitor Sampai TPS

Personel Polri yang dikerahkan 254.880 orang, TNI 23 ribu, stand by force 35 ribu, dan Linmas 900 ribu.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Polisi Sutarman menyatakan, telah menyiagakan ratusan ribu personelnya untuk pengamanan Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Personel dikerahkan hingga ke tempat pemungutan suara (TPS).

"Jadi anggota kita sudah sekarang terdorong ke PPS dan sebentar lagi mungkin akan sampai ke TPS kita monitor, dan saya sudah minta ke Panglima TNI untuk menyiagakan personel TNI dan yang sudah inside bersama kita untuk mempertebal 23 ribu semuanya, dan semuanya sudah sampai ke daerah-daerah sampai ke PPS sekarang," ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Senin (7/7/2014).

Sutarman menjelaskan, personelnya juga telah disiagakan sejak H-7 di daerah yang paling Timur dari Indonesia. Selain itu, ada pula 5 titik pusat kekuatan pengaman, untuk antisipasi kericuhan.

"Titik-titik seperti di Jakarta ini saya stand by force ada di beberapa titik, ada di 5 titik di Jakarta ini. Sebab sewaktu-waktu digunakan, kita juga sudah siap. Ada di Bulungan, ada di PTIK, ada di Jakarta Timur, ada di Jakarta Utara, ada di Sat Brimob-nya sendiri," terang Sutarman.

Dia memaparkan, seluruh personel yang dikerahkan sebanyak 1.212.880. Jumlah itu terdiri dari personel Polri 254.880 orang, TNI 23 ribu, stand by force 35 ribu, dan Linmas 900 ribu.

Ia berharap, tak ada kericuhan terjadi saat Pilpres dan setelahnya. "Ya mudah-mudahan dengan kesiapan petugas kita dan dengan kedewasaan masyarakat kita, mudah-mudahan tidak ada terjadi konflik," tandas Sutarman. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini