Sukses

Khofifah: Berangkat Umrah, Jokowi Ingin Teladani 3 Nabi

Khofifah menilai Jokowi ingin mengambil hikmah kepemimpinan Nabi Muhammad SAW sebagai pimpinan seluruh umat dari berbagai agama.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Khofifah Indar Parawansa memiliki pandangan berbeda terhadap ibadah umrah yang tengah dijalani capres nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi) pada masa tenang ini. Khofifah melihat, Jokowi ingin meneladani sikap 3 nabi sekaligus.

Khofifah mengatakan, ketiga nabi itu ialah Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Nabi Ismail, serta Nabi Muhammad SAW. Nabi Ibrahim misalnya, pada saat diberi wahyu dan membangun Ka'bah, kini bangunan itu menjadi sumber kekuatan dan sentra perputaran seluruh umat Islam di dunia.

"Seluruh dunia berkumpul untuk melakukan tawaf dan tidak ada yang saling bertabrakan. Penguatan ikhtiar yang dilakukan Pak Jokowi menjadi titik sentral umat," kata Khofifah di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (6/7/2014).

Demikian pula dengan kisah Siti Hajar saat mengandung Nabi Ismail. Kala itu Siti Hajar berlari kecil dari bukit Shafa dan Marwa. Ketika dia kehausan sampai akhirnya menghentakkan kaki ke tanah. Dari hentakan tanah keluarlah air Zamzam yang sampai saat ini menjadi sumber penghidupan.

"Air itu dikonsumsi umat Islam di seluruh dunia tidak pernah habis, dia menjadi sumber kehidupan. Jadi mudah-mudahan ruh seperti ini memberi kekuatan bagi beliau," lanjutnya.

Terakhir, Khofifah menilai Jokowi ingin mengambil hikmah kepemimpinan yang dimiliki Nabi Muhammad SAW. Saat menjadi Nabi, seluruh umat dari berbagai agama juga taat.

"Nabi Muhammad diterima pemimpin beragam umat, yang Yahudi, Nasrani, Islam taat. Jadi paling tidak ada 3 hal yang bisa jadi penguat bagi beliau," tandasnya.

Jokowi mengisi kegiatan di masa tenang dengan beribadah umrah serta mengajak serta istri dan kedua anaknya. Anggota tim pemenangan yang ikut dalam rombongan, yakni Akbar Faizal, Ahmad Basarah, Marwan Jafar, dan Iwan Piliang. Jokowi dijadwalkan tiba kembali di Tanah Air pada 8 Juli 2014. (Sun)

 

Baca juga:

Jokowi Umrah, JK Pilih Pulang Kampung Saat Masa Tenang
JK: Jokowi Umrah Usai Kampanye dan Debat
Isi Masa Tenang Pilpres, Jokowi Umrah ke Tanah Suci

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.