Sukses

Timses: Jokowi Insinyur Kehutanan, Debat Terakhir Bakal Memukau

Debat terakhir akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, pada Sabtu 5 Juli besok.

Liputan6.com, Jakarta - Debat Jilid V sekaligus yang terakhir akan menjadi perhatian 200 juta pasang mata penduduk Indonesia. Mereka akan menyaksikan 2 pasangan capres-cawapres adu gagasan soal pangan, energi, dan lingkungan pada Sabtu 5 Juli besok.

Anggota Tim Sukses (Timses) Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK), Abdul Kadir Karding memastikan Jokowi akan tampil memukau publik pada debat terakhir.

"Saya yakin Pak Jokowi pun bisa tampil prima dan memukau ke depan," ujar Kadir kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (4/7/2014).

Menurut dia, sebagai alumnus dari Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada (UGM), Jokowi dianggap mampu memberikan gagasan serta ide yang baik terkait pangan, energi, dan lingkungan untuk kemajuan Indonesia pada masa mendatang. Selain itu, Jokowi-JK akan memakai kesempatan debat pamungkas ini untuk menarik lebih banyak pemilih.

"Dia (Jokowi) bisa dengan adanya background seperti itu. Dan saya kira debat masih efektif mempengaruhi pemilih, paling tidak akan berpengaruh pada psikologi pemilih dan masyarakat akan melihat dari sekian debat yang ada, mana pasangan yang bisa dipilih, mana yang tidak," tuturnya.

KPU menetapkan Rektor Universitas Diponegoro Sudharto P Hadi sebagai moderator debat. Sudharto juga akan menjadi tim ahli yang akan merumuskan dan menyusun pertanyaan yang akan diajukan kepada para kandidat.

Selain Sudharto, ada 6 anggota tim ahli lainnya. Mereka adalah Dekan Fakultas Ekologi Institut Pertanian Bogor (IPB) Arif Satria, PhD; pakar matematika dan sains dari Universitas Institut Teknologi Bandung (ITB) Megawati Santoso, PhD; Rektor Universitas Nusa Cendana (Nusa Tenggara Timur) Prof. Fredrik Lukas Benu;

Guru Besar Ketahanan Pangan Departemen Teknologi Hasil Pertanian Universitas Katolik Santo Thomas (Sumatera Utara) Prof Posman Sibuea; Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Andalas Prof Helmi, PhD; dan Kepala Studi Energi Universitas Universitas Gadjah Mada Dr Deendarlianto.

Debat pamungkas akan digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Sabtu 5 Juli mendatang pukul 20.30 WIB. Setelah debat, mulai 6 hingga 8 Juli, tahapan Pilpres 2014 akan memasuki masa tenang. Pada masa itu, semua pihak dilarang berkampanye. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini