Sukses

Survei Psikologi: Prabowo Tegas, Jokowi Kerja Keras

Namun demikian, Jokowi dinilai lebih unggul dibandingkan Prabowo dalam menyelesaikan sesuatu pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta - Laboratorium Psikologi Politik Universitas Indonesia bekerja sama dengan Fakultas Psikologi Unpad, Ikatan Psikologi Sosial dan Ikatan Psikologi Klinis menyebutkan, jika terpilih menjadi Presiden RI nanti, capres Prabowo Subianto jauh lebih tegas dibandingkan capres Joko Widodo. Hal itu berdasarkan hasil survei aspek kepribadian kedua pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden.

"Dalam segi kepemimpinan Prabowo lebih tegas dari Jokowi," kata Psikolog Universitas Indonesia Hamdi Muluk, dalam acara rilis pemaparan hasil riset menakar kepribadian capres cawapres di D' Consulate, Jakarta Pusat, Kamis (3/7/2014).

Namun demikian, Jokowi dinilai lebih unggul dibandingkan Prabowo dalam menyelesaikan sesuatu pekerjaan. Hal itu dilihat berdasarkan rekam jejak Jokowi sejak menjabat sebagai Walikota Solo sebelum duduk di kursi Gubernur DKI Jakarta.

"Jokowi memiliki karakter seorang pekerja keras dibandingkan Prabowo, Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla," ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga dikenal sosok pemimpin yang sederhana, jujur, rendah hati dan tenang. Sedangkan Prabowo, tampak lebih ambisius, emosional, dominan, otoriter dan keras kepala.

"Dalam pengambilan keputusan, Prabowo dianggap lebih one man show, Hatta 50:50, JK 50:50 dan Jokowi mau mendengar pendapat orang lain," tandas Hamdi.

Survei ini dilakukan terhadap 204 responden yang terdiri dari psikolog yang memiliki pengetahuan dan pengalaman melakukan penilaian kepribadian. Pengambilan data dilakukan pada 18 hingga 27 Juni 2014. Prosedur survei, para responden diminta membaca bagian biografi para calon terlebih dahulu, kemudian mereka menilai kepribadian dan memberikan prediksi ke depan. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini