Sukses

Kunjungi Waduk Jatigede, Hatta Janji Selesaikan Pembebasan Lahan

Menurut Hatta, Waduk Jatigede memiliki fungsi strategis baik dari sisi ketahanan energi, pangan, maupun pariwisata.

Liputan6.com, Sumedang - Calon wakil presiden Hatta Rajasa mengunjungi proyek pembangunan Waduk Jatigede di Dusun Parakan Kondang, Desa Kadu Jaya, Kecamatan Jatigede, Sumedang, Jawa Barat.

Hatta disambut ratusan warga setempat dan berdialog tentang pembangunan waduk kedua terbesar di Indonesia tersebut. Warga mengeluhkan beberapa pembangunan waduk yang juga terdapat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) tersebut.

Usai mendengarkan keluhan beberapa warga, Hatta berjanji akan segera menyelesaikan persoalan pembebasan lahan yang terkena dari dampak pembangunan itu jika terpilih pada Pilpres 2014.

Hatta menilai, keberadaan waduk tersebut sangat penting bagi masyarakat. Pasangan capres Prabowo Subianto ini mengatakan, jika pembangunan waduk digagas sejak masa pemerintahan Presiden Sukarno. Namun, sampai saat ini pembangunan waduk tersebut tak kunjung selesai.

"Pembangunan itu dilanjutkan pada masa pemerintahan Pak SBY. Waktu saya masih menjabat sebagai Menko Perekonomian saya begitu concern terhadap penyelesaian masalah waduk ini, agar tuntas dan masyarakat tidak dirugikan disepelekan dan disingkirkan," kata Hatta di lokasi, Rabu (2/7/2014).

Menurut Hatta, waduk ini memiliki fungsi strategis baik dari sisi ketahanan energi, pangan, maupun pariwisata. Dari sisi ketahanan energi, waduk ini nantinya akan dimanfaatkan PLTA. Sehingga, listrik yang dihasilkan dapat disalurkan kepada masyrakat yang masih belum dapat menikmati listrik tersebut.

Dari sisi ketahanan pangan, air pada waduk ini dapat dimanfaatkan untuk mengairi sawah masyarakat sekitar apabila terjadi musim kemarau dan sawah-sawah milik petani kekurangan air. Selain itu, apabila waduk ini telah dioperasikan, maka akan menjadi salah satu objek wisata baru di Sumedang.

Hal itu tentu saja dapat dimanfaatkan masyarakat yang ingin mencari rezeki baru dengan kehadiran objek wisata tersebut. "Waduk ini memiliki arti strategis bagi aktivitas masyarakat," tandas Hatta.

Pembangunan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, hingga saat ini masih mengalami hambatan. Masalahnya pembebasan lahan belum selesai akibat 7.000 kepala keluarga, masih berada di wilayah pembangunan waduk. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini