Sukses

Survei ISI: Prabowo-Hatta Lebih Populer 0,3% dari Jokowi-JK

Tingkat popularitas Prabowo-Hatta mencapai 93,85%. Sementara Jokowi-JK sebesar 93,55%.

Liputan6.com, Jakarta - Tingkat popularitas dan elektabilitas pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menunjukkan tanda-tanda peningkatan yang signifikan. Pasangan nomor urut 1 itu bahkan dinilai sudah mengungguli lawannya, Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Penilaian ini berdasarkan survei yang dirilis Institut Survei Indonesia (ISI). Namun Prabowo-Hatta hanya unggul tipis dalam hal popularitas dibandingkan dengan Jokowi-JK. Tingkat popularitas Prabowo-Hatta mencapai 93,85%. Sementara Jokowi-JK sebesar 93,55%.

"Selisih tingkat popularitas keduanya 0,3%. Pasangan Prabowo-Hatta sedikit unggul dibandingkan pasangan Jokowi-Jusuf Kalla," ujar Direktur ISI, Haris Baginda di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (2/7/2014).

Sementara dalam hal elektabilitas, pasangan Prabowo-Hatta juga berhasil unggul dari Jokowi-JK. Persentase pasangan yang diusung partai Koalisi Merah Putih itu mencapai 40,15%.

Sementara Jokowi-JK sebesar 35,05%. Sedangkan warga Indonesia yang belum menentukan pilihan, sebesar 24,80%.

"Untuk urusan elektabilitas, pasangan Prabowo-Hatta juga lebih unggul daripada Jokowi-Jusuf Kalla. Selisih keunggulannya dalam tingkat elektabilitas mencapai 5,10%," tutur Haris.

Survei ini dilakukan pada 18 Mei hingga 1 Juli 2014. Metodologi yang digunakan dalam melakukan survei ini adalah melalui sampel acak berjenjang (multistage random sampling). Dalam survei ini margin of error plus minus 3% pada tingkat kepercayaan sebesar 97%. Untuk mendapatkan margin of error plus minus 3%, maka jumlah responden yang diambil 999 orang.

"Artinya, jika hasil survei ini mengatakan tingkat popularitas kandidat sebesar 85% maka kenyataan sebenarnya popularitas kandidat di masyarakat akan berada pada angka antara 82-88%," pungkas Haris.

Baca juga:

Prabowo Lawan Jokowi Bak Raksasa Goliat Vs Daud

2 Pentolan Demokrat Hijrah Dukung Jokowi-JK

Demokrat Dukung Prabowo, Status Quo Bakal Berlanjut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini