Sukses

Pengamat: Tak Ada Terobosan, Debat Cawapres Membosankan

Debat pilpres jilid IV yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghadirkan 2 calon wakil presiden, yakni Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla.

Liputan6.com, Jakarta - Debat pilpres jilid IV yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghadirkan 2 calon wakil presiden, yakni Hatta Rajasa dan Jusuf Kalla. Masing-masing cawapres beradu visi dan misi dengan tema pengembangan sumber daya alam (SDA) serta ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek).

Namun, debat semalam dinilai tidak cukup menarik alias membosankan. Sebab, tidak ada ide dan terobosan baru yang dipaparkan kedua cawapres ini.

"Secara umum nggak ada yang baru dari debat semalam. Semua sudah dibicarakan sebelumnya, tidak ada terobosan, debatnya agak membosan," kata pengamat politik Djayadi Hanan kepada Liputan6.com di Jakarta, Senin (30/6/2014).

Direktur Riset Saiful Mujani Reasearch and Consultant (SMRC) ini mengatakan, paparan kedua cawapres tidak begitu mengena, terutama dari segi substansi. Keduanya tidak bisa mengelaborasikan dengan baik program-program yang disampaikan.

"Jawabannya kembali ke pendidikan. Misalnya untuk riset apa pengembangan riset, jawabnya sama, peningkatan anggaran. Untuk menyinergikan, keduanya mencoba untuk memaparkan semuanya, terlihat tidak ada prioritas pertamanya apa. Apa hubungan antara pembangunan ekonomi dengan SDM dan IPTEK tidak terlalu mengelaborasi," lanjutnya.

Djayadi mengatakan, baik Hatta maupun JK tidak memberikan suatu terobosan baru dalam debat itu. Kedua cawapres itu cenderung meneruskan bahkan mengulang apa yang sudah disampaikan Prabowo dan Jokowi dalam debat sebelumnya.

"Jokowi sudah membahas pentingnya SDM melalui pendidikan. Hatta juga sama dengan apa yang disampaikan Prabowo. Pertanyaan Pak JK misalnya minta penjelasan bocor itu apa, tapi Pak JK nggak balas ulang. Jadi terlihat membosankan," pungkas Djayadi. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini