Sukses

Klaim Dukung Jokowi Direstui SBY, Ruhut Bakal Diperiksa Wanhor PD

Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengaku sudah mendapat restu SBY untuk mendukung Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Partai Demokrat Ruhut Sitompul mengaku sudah mendapat restu SBY untuk mendukung Jokowi-JK. Namun, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsuddin membantah hal tersebut dan akan memanggil Ruhut untuk klarifikasi.

"Yang mungkin untuk di klarifikasi adanya dukungan dengan embel-embel telah mendapat restu, nah itu saya kira perlu ada klarifikasi," kata Amir di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (24/6/2014).

Amir menjelaskan, memang benar sebelum deklarasi Ruhut bertemu SBY. Tapi, dalam pertemuan itu Ruhut tak mengatakan akan dukung Jokowi, melainkan Prabowo. Amir mengetahui pertemuan itu dari pesan singkat yang dikirim oleh SBY.

"SMS (yang dikirim oleh SBY) itu terbaca justru menginformasikan akan mendeklarasikan calon nomor yang lain. Nah itu tidak menjadi masalah tetapi tentunya kemudian yang menjadi hal yang bisa dijadikan alasan dewan kehormatan untuk melakukan penelusuran, adalah mana kala embel-embel restu dari ketua umum," jelasnya.

Pria yang menjabat sebagai Menteri Hukum dan HAM itu menegaskan, adalah hak politik setiap anggota Partai Demokrat untuk mendukung calon manapun yang diinginkan. Hak politik tersebut tidak dapat diganggu gugat.

"Oleh karena itu seperti kita temukan ada kader Demokrat yang mendukung calon nomor 1 ada pula yang mendukung calon nomor 2, itu saya kira satu hal yang tidak perlu kita pertanyakan lagi," tandas Amir.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini