Sukses

Rachmawati Soekarno Sayangkan Munculnya Isu HAM Serang Prabowo

Putri Bung Karno itu meminta agar pemerintahan mendatang dapat melakukan rekonsiliasi penuntasan kasus-kasus pelanggaran HAM.

Liputan6.com, Jakarta - Adanya isu pelanggaran HAM dalam Pilpres 2014 disayangkan oleh Ketua Dewan Pertimbangan Partai Nasdem, Rachmawati Soekarnoputri. Menurut dia, isu itu sengaja dimunculkan untuk menjatuhkan capres Prabowo Subianto.

"Kita dalam menghadapi pilpres ini ada upaya-upaya men-downgrade tokoh tertentu," ujar Rachma di kediamannya, di Jalan Jati Padang Raya, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (22/6/2014).

Dia menjelaskan, seharusnya isu pelanggaran HAM tersebut tak muncul saat ini. Sebab, pada saat pilpres 2009 lalu isu HAM tidak muncul ke permukaan padahal Prabowo pada saat itu mendampingi Megawati Soekarnoputri sebagai cawapres.

"Ketika pak Prabowo mendampingi Megawati tidak ada itu diungkapkan. Ini seperti menepuk air didulang memercik muka sendiri," bebernya.

Oleh karena itu, dia meminta agar pemerintahan mendatang dapat melakukan rekonsiliasi penuntasan kasus-kasus pelanggaran HAM. Hal ini agar siapapun pemimpin mendatang tidak tersandera dengan masa lalunya yang kerap diungkit pihak-pihak tertentu.

"Kita sebaiknya melakukan sebuah rekonsiliasi nasional biar pilpres ini berjalan baik. Agar siapapun presiden terpilih untuk tidak saling mencari cacat. Bagaimana kita mencari langkah ke depan supaya bangsa ini lebih baik," tutup Rachma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini