Sukses

Jokowi: Kejayaan Konferensi Asia Afrika Bisa Diulang

"Apabila kita bisa membangun Poros Maritim Dunia yang baik, sehingga posisi kita jelas," ujar Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Poros maritim dibangun dengan baik. Konferensi Asia Afrika diulang. Capres Joko Widodo yakin hal tersebut dapat mengembalikan kejayaan Indonesia.

Pria yang akrab disapa Jokowi ini menjawab pertanyaan mengenai bagaimana membuat kebijakan untuk mengambil peran penting yang menjadikan Indonesia disegani banyak negara, termasuk di luar kawasan. Dan bagaimana Indonesia bisa menjadi pemimpin di ASEAN.

"Mengenai peran penting, kita pernah jaya saat menyelenggarakan Konferensi Asia Afrika. Ini bisa diulang. Apabila kita bisa membangun Poros Maritim Dunia yang baik. Sehingga posisi kita jelas," ujar Jokowi.

Hal ini disampaikan Jokowi dalam debat capres jilid III di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, Minggu (22/6/2014). Debat dimoderatori oleh Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Hikmahanto Juwana. Tema debat yakni Politik Internasional dan Ketahanan Nasional.

"Mau tidak mau, negara akan mendekati kita, karena punya kepentingan masuk ke negeri kita. Peran seperti itu yang menjadi kunci negara kita berwibawa, dihormati. Wajib dihormati. Wajib disegani. Kuncinya ada di situ," kata Jokowi.

Setelah itu tepuk tangan dari para pendukung capres nomor urut 2 itu membahana. "Jokowi! Jokowi! Jokowi!" (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini