Sukses

Jokowi Siapkan Contekan Singkatan Saat Debat Capres Jilid III

"Ya belajar, disiapkan. Masa presiden harus tahu semua singkatan? Kan tidak," ucap Jokowi.

Liputan6.com, Solo - Jelang debat capres jilid III, capres nomor 2 Joko Widodo mengaku akan mempersiapkan waktu khusus untuk kuliah singkat mengenai politik internasional dan ketahanan nasional. Seperti 2 debat sebelumnya, pria yang karib disapa Jokowi itu pun akan menyiapkan catatan kecil berisi data dan beberapa singkatan yang lazim muncul dalam keilmuan tersebut.

"Ya belajar, disiapkan. Kalau singkatan nggak ngerti, ya tanyalah, masa presiden harus tahu semua singkatan, kan tidak‎," ujar Jokowi usai bertemu dengan para tokoh Muhammadiyah di Kota Solo, Jawa Tengah, Jumat (20/6/2014).

Dengan materi debat yang akan disiapkan olehnya, Jokowi yakin akan mampu tampil maksimal. Dia juga tak khawatir berhadapan dengan Prabowo yang mempunyai latar belakang militer, yang lebih banyak berkutat di bidang pertahanan.

"Ya memang (Prabowo dari militer) kenapa? Gitu lho, biasa saja," ucapnya.

Pernyataan Jokowi yang menilai tiap capres tak harus paham setiap istilah dan singkatan sempat menarik perhatian masyarakat. Dalam debat capres kedua yang digelar pekan lalu, mantan Walikota Solo itu sempat melontarkan pertanyaan soal TPID pada sesi saling tanya jawab dengan capres lawan, Prabowo Subianto.

Yang Jokowi maksud adalah Tim Pengendalian Inflasi Daerah. Namun Prabowo protes lantaran dirinya tidak mengerti apa singkatan dari TPID. Dan usai debat tersebut, Jokowi mengungkapkan mestinya tiap capres mengerti istilah dan singkatan seperti TPID dan lain-lainnya yang terkait dengan pemerintahan.

"Soal singkatan pemerintah harus tahu. Mestinya singkatan TPID (Prabowo) harusnya tahu. Kamu tahu nggak artinya TPID? Kalau tahu ya sudah, kalau nggak tahu ya sudah juga," ujar Jokowi usai debat capres di Gran Melia, Kuningan, Jakarta Selatan, Minggu 15 Juni.

‎"Kita ini kan mau pegang pemerintahan jadi harus tahu singkatan. Pemerintah harus ngerti dong? DAU (Dana Alokasi Umum), DAK (Dana Alokasi Khusus) TPID harus tahu," ucap Jokowi. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini