Sukses

Prabowo dan Jokowi Siap Adu Konsep di Debat Capres Besok

Debat capres tahap 2 mengangkat tema seputar pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Juru bicara pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta), Nurul Arifin mengatakan Prabowo siap menghadapi debat capres tahap 2 dengan tema seputar pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial. Rencananya, debat ini akan digelar di Hotel Mulia, Jakarta, Minggu 15 Juni besok.

"Persiapan (debat) sudah dilakukan sejak hari ini. Kita beri masukan kepada Pak Prabowo. Beliau pun tentu sudah siap," kata Nurul dalam sebuah acara diskusi di Kawasan Kebayoran Baru, Jakarta, Sabtu (14/6/2014).

Nurul yakin jagoannya akan lebih gamblang membeberkan konsep mengenai ekonomi yang menjadi tema pada debat besok. Sebab, pada debat ini akan disampaikan gagasan dari buah pikiran Prabowo sendiri ditambah masukan beberapa pihak.

"Ada kekuatan dari visi misi capres Prabowo yang kalau diungkapkan secara detai dan lengkap akan sangat menjual, karena masyarakat akan tahu secara lengkap," tuturnya.

Ia menjelaskan, untuk bahasan kesejahteraan sosial, Prabowo akan memberikan paparan yang konkret dalam debat tersebut. Sebagai contoh soal revolusi susu dan makan telur. "Kalau kami, salah satu revolusi putih adalah memberikan minum susu dan makan telur," papar dia.

Sedangkan di sektor kerakyatan, Prabowo menurutnya akan memperhatikan para guru honorer karena mereka nantinya akan ada pengangkatan setiap tahun. Sedangkan untuk para petani dan nelayan, pihaknya akan membuat sistem perbankan yang khusus.

"Guru honorer yang ada sekitar 800 ribu orang akan diangkat dalam 1 periode pemerintahan. Mereka akan mendapatkan insentif Rp 4 juta dan itu langsung ditransfer. Kemudian membuat perbankan petani dan nelayan dengan sistem pinjaman langsung. Itu basis kerakyatan," papar Nurul.

Sementara caleg dari PDIP Hamid Basyaib mengatakan capres pasangan nomor urut 2, Joko Widodo (Jokowi) juga sudah siap untuk memaparkan secara konkret visi-misi mereka pada debat besok. Hamid mengatakan, tak sulit bagi Jokowi untuk menghadapi topik debat besok malam, karena semuanya sudah pernah dilakukan saat menjabat Walikota Solo atau Gubernur DKI Jakarta.

"Relokasi pedagang kaki lima dengan sangat bermartabat. Artinya itu dia sudah lakukan dan bukan akan lakukan seperti Pak Prabowo. Saya kira itu. Kebetulan Pak Jokowi akan diuntungkan dengan ini, pengalaman konkret yang aktual itu apa memang sudah alami," jelas Hamid. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini