Sukses

Prabowo Mengaku Agak Grogi Saat Debat Capres-Cawapres

Dalam debat tersebut, Prabowo pun mengakui kerap diserang oleh rivalnya, pasangan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden Prabowo Subianto mengaku grogi dalam acara debat perdana capres-cawapres yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum. Dalam debat tersebut, Prabowo pun mengakui kerap diserang oleh rivalnya, pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

"Saya kira untuk pertama kali lumayan bagus. Ya, agak grogi juga sedikit," ujar Prabowo usai acara debat perdana capres-cawapres di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Senin (9/6/2014) malam.

Prabowo mengakui debat bertema `Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum` dinilai telah baik dan lancar. Meski diakuinya ada serangan terhadap dirinya.

"Tapi baguslah lancar. (Diserang) Harus mau diserang," ucap dia.

Sementara, Ketua Tim Pemenangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mengaku cukup puas secara substansi atas acara debat tersebut. Bahkan, persoalan hak asasi manusia (HAM) diakuinya sudah dijawab. Meski disayangkan dengan waktu 3 menit sang jagonya tidak dapat menjelaskan kasus pelanggaran HAM tahun-tahun sebelumnya.

"Pertanyaan, bagaimana menyelesaikan HAM di masa lalu. HAM di masa lalu banyak, yakni HAM di tahun 65 yang lahir dari politik Nasakom, apakah HAM 84, apakah HAM Talangsari, apakah HAM 98," ujar dia.

"Harusnya jawabnya seperti itu. Tapi waktunya hanya 3 menit lalu menyangkut HAM yang pendek," ujar dia.

Ia meyakini bahwa kasus pelanggaran HAM yang kerap diarahkan ke Prabowo itu sudah selesai. Prabowo diberhentikan dengan hormat. Bahkan, DPR telah menyatakan tidak ada pelanggaran berat. Namun karena ini bulan politik, kasus itu diulang-ulang terus.

"Dan sekarang Komnas HAM mendapat pengembalian dari Kejagung (berkas penyidikan). (Jadi pertanyaan JK) Bisa saja, karena ini politik," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.