Sukses

Jokowi: Di Solo dan Jakarta, Kami Buktikan Pemerintah Bersih

Dalam pemaparan visi dan misinya, Jokowi mengatakan, pemerintahan bersih bisa ditegakkan dengan 2 hal.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat perdana calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) 2014 di Balai Sarbini, Jakarta. Rangkaian acara yang dijadwalkan 5 kali ini diawali debat pasangan capres-cawapres bertema `Pembangunan Demokrasi, Pemerintahan Bersih dan Kepastian Hukum`.

Pada segmen pertama, masing-masing pasangan diminta memaparkan pandangan dasar mereka terkait tema malam ini. Dalam pemaparan visi dan misinya, Jokowi mengatakan, pemerintahan bersih bisa ditegakkan dengan 2 hal. Pertama, pembangunan sistem.

"Kami sudah membuktikan dan melaksanakan baik saat jadi Wali Kota Solo dan Gubernur DKI Jakarta. Yaitu dengan e-budgeting, e-procurement, e-audit, pajak online, IMB online. Ini semua bisa dinasionalkan. Semua daerah bisa menerapkan," kata Jokowi, Senin (9/6/2014).

Kedua, pola rekrutmen yang benar. Yaitu dengan seleksi dana promosi terbuka. Sehingga pimpinan di kemementerian dan lembaga lain melalui promosi dan terbuka. Tidak karena terbuka, bukan senang atau tidak senang," lanjut suami Iriana ini.

Debat perdana ini dipimpin Direktur Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) Universitas Gadjah Mada Zainal Arifin Mochtar. Debat capres kedua pada 15 Juni bertema 'Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial.'

Sementara, debat berikut digelar 22 Juni bertema 'Politik Internal dan Ketahanan Nasional.' Keempat, debat capres diadakan 29 Juni bertema 'Pembangunan Sumber Daya Manusia dan IPTEK.'  Terakhir, debat akan digelar 5 Juli (Capres dan Cawapres) bertema `Pangan, Energi, Lingkungan.'

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.