Sukses

Anggota Kabinet Jokowi Beredar, Kampanye Hitam?

Nama Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Ketua KPK Abraham Samad disebut-sebut bakal mendapatkan posisi sebagai menteri Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Nama Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dan Ketua KPK Abraham Samad disebut-sebut bakal mendapatkan posisi menteri jika kandidat capres Joko Widodo berhasil menjadi presiden pada Pilpres 2014 nanti. Tak cuma 2 tokoh itu, sejumlah politisi PDIP juga bertengger dalam kabinet yang diklaim sebagai bentukan pria yang karib disapa Jokowi tersebut.

Namun PDIP membantah susunan anggota kabinet Jokowi yang beredar luas saat ini. Menurut partai berlambang banteng moncong putih itu, struktur itu bukanlah bentukan PDIP, tim kampanye, ataupun Jokowi. Apakah ini termasuk kampanye hitam?

"Apalagi kalau ada banyak (tokoh) PDIP dalam struktur itu, semakin mengindikasikan itu ciptaan pihak lain dengan maksud dan tujuan tertentu. Bagian dari kreatifitas, mungkin ada orang yang ingin dipromosikan di situ," ujar Wakil Sekjen PDIP Hasto Kristianto kepada Liputan6.com di Jakarta, Kamis (29/5/2014).

"Dipastikan nama-nama itu bukan PDIP, bukan Jokowi, bukan tim kampanye."

Hasto mengatakan, prioritas yang ingin dicapai saat ini adalah pemenangan untuk Pilpres 2014. Sama sekali belum ada pembicaraan mengenai struktur para menteri di kabinet Jokowi nanti. Struktur kabinet baru dibahas ketika pria yang saat ini masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta itu terpilih jadi presiden nanti.

"Itu merupakan hak prerogatif presiden. Tapi visi misi Jokowi nanti akan tercermin dalam struktur kabinetnya. Dan tidak dilakukan sekarang," tuturnya.

"Jokowi akan menentukan orang-orang yang berkualitas, profesional, dan berkarakter. Harapan rakyat untuk Pak Jokowi kan besar," pungkas Hasto.

Jokowi berpasangan dengan mantan Wapres Jusuf Kalla atau JK. Pasangan Jokowi-JK ini mendapatkan dukungan dari kooalisi 5 parpol. Kelimanya, yakni PDIP, PKB, Partai Nasdem, Partai Hanura, dan PKPI.

Berikut formasi kabinet Jokowi yang beredar:

1. Menko Perekonomian: Chairul Tanjung
2. Menkeu: Sri Adiningsih
3. Menteri BUMN: Lin Che Wei
4. Kepala Bappenas: Anggito Abimanyu
5. Mendagri: Ryamizard Ryacudu
6. Menkopolkam: Hendro Priyono
7. Menhankam: Andi Wijayanto
8. Menteri Hukum dan Ham: Todung Mulya Lubis
9. Jaksa Agung: Abraham Samad
10. Menkokesra: Puan Maharani
11. Menteri Sosial: Solahuddin Wahid
12. Menpora: Maruarar Sirait
13. Menakertrans: Andi Gani Nuwawea
14. Menkominfo: Surya Paloh
15. Kepala BIN: TB Hasanuddin
16. Mensesneg: Tjahjo Kumolo
17. Sekretaris Kabinet : Khofifah Indah P
18. Menteri ESDM: Kurtubi
19. Menteri Perindustrian: Rahmat Gobel
20. Menteri Perdagangan: Rusdi Kirana
21. Menteri Pendidikan: Anies Baswedan
22. Menteri Agama: Muhaimin Iskandar
23. Menteri Pertanian: M.Prakosa
24. Menteri Pariwisata: AA. Puspayoga
25. Menteri PDT: Helmy Yahya
26. Menristek: Fery Mursidan B
27. Menteri Peranan Wanita: Rieke Diah Pitaloka
28. Menteri Kesehatan: Risma
29. Menteri Perhubungan: Basuki Tjahaja Purnama

(Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.