Sukses

Usai Tes Kesehatan, Jokowi-JK Kompak Minum Jamu

Joko Widodo dan Jusuf Kalla meminum jamu beras kencur dari penjual jamu yang didatangkan khusus untuk keduanya.

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Joko Widodo dan Jusuf Kalla menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto kurang lebih 10 jam. Keluar dari lobi rumah sakit, Jokowi dan JK langsung meminum secangkir minuman jamu.

Pantauan Liputan6.com, Kamis (22/5/2014) petang, Jokowi dan JK keluar dari ruang pemeriksaan kesehatan dan muncul di lobi rumah sakit pada pukul 17.35 WIB dengan mengenakan kemeja putih. Keduanya langsung meminum jamu tradisional dari seorang tukang jamu gendong yang didatangkan khusus untuk Jokowi dan JK demi memulihkan stamina setelah melakukan pemeriksaan kesehatan yang memakan waktu hampir setengah hari.‎

‎Sang ibu penjual jamu gendong itu pun langsung menyambut Jokowi dan JK di lobi depan rumah sakit. Sebelum menyuguhkan jamu, ibu penjual jamu lebih dulu memberikan pilihan kepada Jokowi dan JK untuk meminum jamu yang mana.

"Mau jamu yang mana Pak?" tanya Tamiyem, sang penjual jamu.

"Saya dengan Pak JK beras kencur saja Bu," ucap Jokowi.

Setelah Tamiyem menuangkan jamu beras kencur, Jokowi dan JK pun kompak menenggak bersama jamu dari segelas cangkir berukuran kecil. Jokowi yang hobi meminum jamu itu langsung habis sekali tenggak. Namun JK tampak perlu beberapa kali tenggakan hingga habis.

Setelah meminum jamu, Jokowi pun tampak berbincang sejenak dengan Kepala RSPAD Gatot Subroto. Jokowi pun mengaku sengaja meminum jamu, untuk mengembalikan staminanya agar kembali bugar.

"Ini minum jamu beras kencur, biar sehat. Sekarang sudah sehat, semakin sehat," ucap Jokowi.

Sebelum meninggalkan rumah sakit, Jokowi dan JK pun sempat berfoto bersama dengan penjual jamu tersebut. Bahkan JK sempat bertanya mengenai kegiatan Tamiyem.

"Ibu setiap hari gendong jamunya kuat?" tanya JK.

"Kuat Pak, lah wong sudah biasa," jawab Tamiyem yang biasa berjualan di sekitar kawasan Mayestik itu.

‎Pemeriksaan kesehatan semestinya dimulai pada pukul 07.00 WIB. Namun karena pasangan capres-cawapres tersebut terlambat datang, pemeriksaan diundur waktunya. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini