Sukses

SBY Umumkan Pemenang Konvensi Capres Demokrat

Konvensi capres Partai Demokrat diikuti oleh 11 peserta. Mulai dari politisi, akademisi hingga pensiunan TNI.

Liputan6.com, Jakarta - Konvensi capres Partai Demokrat diikuti oleh 11 peserta berasal dari latar belakang yang berbeda. Mulai dari politisi akademisi hingga pensiunan TNI.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Siang SCTV, Jumat (16/5/2014), Konvensi Capres Partai Demokrat sudah digelar sejak tahun lalu, dan hari ini rencananya, sekitar pukul 15.30 WIB Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono akan mengumumkan pemenang konvensi capres Demokrat.

Namun berdasarkan sejumlah hasil survei menyatakan peserta konvensi capres Demokrat belum banyak dikenal oleh masyarakat. Seluruh peserta konvensi belum dapat menandingi pamor capres parpol lain seperti Joko Widodo, Prabowo Subianto, dan Abu Rizal Bakrie.

Selama proses konvensi berlangsung, nama Dahlan Iskan memang selalu berada di urutan teratas dibanding peserta lain, namun pemenang Konvensi Capres Demokrat tampaknya terancam gigit jari karena selain tingkat elektabilitasnya rendah suara pemilu legislatif Demokrat hanya sekitar 10 persen.  

Belakangan nama Sri Sultan Hamengkubuwono X mencuat setelah majelis tinggi Partai Demokrat menerima masukan hasil survey yang mengungkapkan salah satu tokoh yang bisa bersaing dengan Jokowi dan Prabowo adalah Sultan Hamengkubuwono X.

"Tadi baru dibahas tentang itu, wacananya untuk Hamengkubuwono X . Wacana itu akan kita bahas sesuai dengan kondisi dan perkembangan politik di tanah air," ungkap Ketua Dewan Harian Partai Demokrat, Syarief Hasan.

"Bagi saya itu kan masih wacana yang dibahas majelis tinggi. Wong Demokrat saja belum menyelasaikan konvensinya," tutur Sultan Hamengkubuwono X.

Sultan sebagai kader Golkar kabarnya akan disandingkan dengan pemenang Konvensi Partai Demokrat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.