Sukses

PAN Pastikan Berkoalisi dengan Gerindra

Suara PAN terbelah karena realitas saat ini capres Jokowi dan capres Prabowo sama-sama kuat.

Liputan6.com, Jakarta - Kesepakatan koalisi antara Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional sudah tak diragukan lagi. Setelah Ketua Umum Gerindra Suhardi memastikan koalisi tersebut, dengan mengatakan Gerindra dan PAN sudah membentuk tim untuk memuluskan duet Prabowo-Hatta menuju pilpres 2014.

Sekretaris Jenderal PAN Taufik Kurniawan kepada Liputan6.com mengatakan, akan mendeklarasikan duet tersebut pada Rakernas minggu depan.  Meski belum diumumkan secara resmi, Taufik mengungkapkan, kepastian koalisi PAN dengan Gerindra sudah terbaca melalui bahasa tubuh yang ditunjukkan Ketua Umum PAN Hatta Radjasa dan Pendiri PAN Amien Rais.

"Mereka mempunyai privilage, bahasa tubuhnya sudah menunjukkan kemana. Resminya nanti pada rakernas," ujar Taufik, Jumat (9/5/2014).

Taufik menyebut, koalisi yang terbentuk antara Gerindra dengan PAN tidak bersifat transaksional. Melainkan visi misi yang sama yakni berkomitmen meningkatkan kesejahteraan rakyat, renegosiasi kontrak dan menggulirkan reformasi tahap dua.

Meski sudah membangun koalisi, namun ujar Taufik, pendiri dan pimpinan PAN masih memberikan kesempatan kepada kadernya untuk menjalin komunikasi politik dengan capres lain. "Komunikasi last minute," ujarnya.

Kemungkinan kesempatan ini diberikan mengingat internal PAN banyak suara yang menginginkan agar partai berlambang matahari itu merapat ke capres Joko Widodo atau Jokowi. Asisten Ketua Umum PAN Yasin Kara mengungkapkan, perbandingan antara pendukung Jokowi dan Prabowo, 30:30. "Kalau capresnya Hatta, PAN pasti solid," ujarnya.

Menurut Yasin, suara PAN terbelah karena realitas saat ini capres Jokowi dan capres Prabowo sama-sama kuat. Sehingga sulit untuk menyatukan suara internal PAN. (Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.