Sukses

SBY Pertimbangkan Demokrat Jadi Oposisi

Peserta Konvensi Capres Partai Demokrat Ali Masykur Musa mengatakan, pilihan politik Partai Demokrat masih sangat cair.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) masih mendiskusikan nasib 11 peserta Konvensi Capres Partai Demokrat. Menurut salah satu peserta konvensi, Ali Masykur Musa, ada 3 opsi yang tengah digadang SBY.

"Pilihannya ada 3, apakah bikin poros baru, atau apakah mengambil koalisi yang sudah ada. Ataukah tidak mengambil posisi di pemerintahan atau oposisi? Itu semua sudah dibicarakan, sudah disampaikan kepada kita," ujar Ali, di Jakarta, Minggu (27/4/2014).

Kendati, anggota Komisioner Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) itu menjelaskan, pilihan politik Demokrat ke depan masih sangat cair. Itu semua sangat tergantung konfigurasi dan dinamika politik yang ada ke depan.

"Pilihan-pilihan itu akan melihat perkembangan politik hubungannya dengan konfigurasi dan langkah-langkah politik dari kandidat yang lain," terang Ali.

Sementara Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengatakan, arah koalisi belum diputuskan. Sebab, hal itu masih digodok SBY.

"Kita lagi konsolidasi internal, komunikasi politik itu biasa saja dengan siapa pun. Itu digodok langsung oleh SBY," pungkas Nurhayati.

Belakangan, Demokrat bertekad meneruskan Konvensi Capres Partai Demokrat meski hasil suara Pileg hitungan cepat hanya meraih 10%. Atau dengan kata lain, Demokrat gagal mengusung capres sendiri.

Rencana membentuk poros tandingan -- PDIP, Golkar dan Gerindra -- juga belakangan terdengar dari Partai Demokrat. Agar Demokrat tetap dapat mengusung capres sendiri menjelang pertarungan Pilpres 2014. (Raden Trimutia Hatta)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.